Batam Perbanyak Taman

0
348
Bahu jalan dan median jalan di Batam bakal di buat taman untuk menarik perhatian wisatawan. Suasana simpang Kabil, Batam. f-istimewa

BATAM – Pemerintaah Kota Batam, akan memindahkan pedagang tanaman di sepanjang jalan Simpang Jam hingga Simpang Kepri Mal. Pemindahan direncanakan, karena Pemko Batam, akan membangun taman kota disisi jalan. Sementara pedagang tanaman akan dipindahkan ke arah Bandara Hang Nadim. Nantinya, taman kota ini akan berada di antara jalur cepat dan jalur lambat di sepanjang jalan tersebut.

Rencana itu diungkapkan Pelaksana tugas Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan (Perkim) Kota Batam, Eryudhi Apriadi. Dikatakan, panjang jalur yang akan ditanam yakni 3 kilometer. Pembangunan dan pemeliharaan tamannya nanti akan diserahkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sesuai arahan Walikota.

”Pembagian per OPD-nya nanti dirapatkan. Desain dari kita. Mulai dari jenisnya apa, jarak tanamnya, Perkim yang buat. Tapi tanamannya dan yang menanam dari OPD,” kata Yudhi di Sekupang beberapa waktu lalu.

Adapun penanamannya, kata Yudhi, akan diserentakkan pada akhir April mendatang. Saat ini pihaknya sedang lakukan koordinasi dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Satuan Kerja Jalan Nasional Kementerian PUPR, dan Camat Batam Kota terkait pedagang tanaman di sepanjang jalur tersebut.

”Hitungan kami ada sekitar 24. Tapi menurut BP ada 50. Nanti mereka akan dipindahkan, koordinasi dengan BP,” ujarnya.

Koordinasi juga dilakukan dengan satker jalan nasional dan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air. Tujuannya agar saat ada pengembangan jalan nantinya tidak mengganggu taman yang sudah dibuat oleh OPD tersebut.

Taman Kota ini diharapkan akan menjadi ikon dan daya tarik wisata Kota Batam. Apalagi pembangunan jalan layang atau flyover rencananya dilanjutkan tahun depan. Titik pembangunannya yaitu di Simpang Kepri Mall. Setelah tahun sebelumnya flyover Simpang Jam berdiri.

Sementara Wali Kota Batam, HM Rudi,mengatakan, pedagang tanaman tetap bisa beraktivitas. Hanya saja, mereka dipindahkan dan bisa melanjutkan aktivitas di row jalan ke arah bandara Hang Nadim. ”Di jalan Simpang Jam ke Simpang Kepri Mall itu akan saya bangun taman kota. Taman yang ada disitu (pedagang tanaman), pindah semua ke arah bandara,” kata Rudi. (MATUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here