Batam-Pulau Bawah Diterbangi Sea Plane

0
793
SEORANG turis mengabadikan keindahan Pulau Bawah Anambas. f-Edi sutrisno

ANAMBAS – Pesawat amfibi yang sebelumnya sempat terhenti melayani turis dari Batam ke Pulau Bawah Anambas, kini sudah beroperasi lagi.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar menuturkan, mulai 2018 ini sudah dikeluarkan perizinannya menyangkut perjalanan wisata tujuan Batam ke Pulau Bawah dengan menggunakan pesawat amfibi jenis Viking Twin Otter-400 dengan kode pesawat DHC-400.

”Jadi dengan sudah dikeluarkannya izin oleh Menteri Pariwisata ini, para wisatawan Eropa maupun Rusia bisa langsung terbang dari Batam setiap hari ke sana,” ujar Buralimar kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (30/1) kemarin.

Rapat bersama operator yacht dan Dispar Kepri kemarin, juga membahas terkait jadwal dan rute perjalanan yacht yang akan berlayar ke Indonesia.

”Jadi mereka saat ini sudah punya rute dan jadwal tetap, termasuk dari Menpar juga minta kita menyiapkan beragam event untuk para wisatawan yang datang berkunjung ke daerah kita nanti. Sesuai jadwal yang ditentukan Oktober sampai Desember nanti,” tutup Buralimar.

Pulau Bawah mulai terkenal sejak beberapa tahun belakangan ini. Pulau tersebut dibangun oleh dua pemodal berkebangsaan Inggris dan Perancis.

Karena keindahannya, legenda sepakbola dunia David Beckham beserta istri dan anaknya mengagumi tempat itu. Karena itu, sempat tersebut informasi David Beckham akan berkunjung ke Pulau Bawah.

Pulau Bawah merupakan surga tersembunyi sebagai tempat wisata orang kaya dekat. Hanya kalangan tertentu yang mampu bersantai di sana.

Pulau tersebut terjaga keaslian laut dan alam sekitarnya. Resort dibangun tanpa menggunduli hutan. Bahkan, hanya sebagian pulau itu yang dimanfaatkan untuk resort. Sisanya tetap dibiarkan hutan hijau.

Sehingga, banyak orang menyebutnya, alam lestari yang hanya bisa bisa dilihat ratusan tahun lalu. Hal ini karena keasrian dan keaslian lingkungan laut dan daratnya.

Pulau tersebut hanya bisa diakses melalui jalur laut. Untuk memudahkan transportasi ke sana, maka manajemen pengelola Pulau Laut mengurus izin pendaratan sea plane.

Pulau tersebut luasnya sekitar 300 hektare. Pulau Bawah bisa diakses dengan menggunakan sea plane dari Bandara Hang Nadim Batam dengan lama perjalanan sekitar 70 menit.

Buralimar mengatakan, Pulau Laut akan menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi turis. Kebanyakan pengunjungnya adalah wisatawan asing. (ais/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here