Batam Punya Mobil PBK Canggih

0
857
Tim PBK: Tim PBK BP Batam foto di samping dua unit mobil PBK Canggih yang baru datang. f-istimewa - humas bp batam

BATAM – Dua unit mobil Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) milik Badan Pengusahaan (BP) Batam sudah ada di Bandara Hang Nadim, Batam. Mobil yang disebut sebagai mobil canggih itu, merupakan kendaraan pemadaman kebakaran jenis foam tender type 1 buatan Jerman. Mobil jenis itu disebut, saat ini yang tertinggi di dunia.

Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha BP Batam, Eko Budi Santoso, Senin (11/9) didampingi petugas kebakaran Bandara Hang Nadim, meninjau mobil itu. Disebutkan, kehadiran mobil PBK itu dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan di Bandara Hang Nadim.

”Salah satunya denngan melakukan peremajaan atas kendaraan Pemadam Kebakaran. Ini sudah tiba dua unit PBK foam tender type 1 buatan Jerman,” jelas Eko.

Disebutkan, penambahan 2 unit kendaraan Foam Tender canggih ini dimaksudkan, untuk memenuhi standar pelayanan keselamatam penerbangan di Bandara Hang Nadim. Sebagai Bandara kelas utama, kategori level operasional penaggulangan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKP-PK) Bandara Hang Nadim adalah Level IX. ”Itu yang merupakan level tertinggi dalam pelayanan PKP-PK di operasional sebuah Bandara,” sambungnya.

Saat ini, kendaraan foam tender type 1, sudah mulai dioperasikan. Bandara Hang Nadim diakui merupakan satu-satunya Bandara di Indonesia yang secara resmi memiliki dan mengoperasikan kendaraan ini. ”Ini merupakan salah satu kendaraan foam tender yang terbaik di dunia,” bebernya.

Selain berbagai kecanggihannya, kendaraan ini juga tidak membutuhkan banyak personil untuk mengoperasikannya, sebagai mana kendaraan foam tender tipe-tipe lawas. ”Foam Tender merk Ziegler ini hanya membutuhkan tiga orang personil untuk mengoperasikannya,” imbuhnya.

Guna memenuhi kompetensi personil dan menjamin kesiapan operasional dan perawatannya, Eko secara resmi membuka pelaksanaan site training dan site acceptance test kendaraan PKP-PK foam tender type 1. Training dilakukan untuk seluruh personil PKP-PK Bandara Hang Nadim. ”Infrastruktur yang memberikan training dari Ziegler, Jerman,” katanya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here