Batam Raih Anugerah Wahana Tata Nugraha

0
367
Amsakar Achmad

BATAM – Membuka awal tahun 2017, Kota Batam mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat. Penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha untuk kategori angkutan tahun 2016 diterima bersama 5 kabupaten/kota se-Indonesia. Penghargaan ini juga dite-rima Kota Jakarta Selatan, Kota Cimahi, Kabupaten Sidoarjo, dan Kota Tomohon.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, menerima penghargaan, Selasa (31/1) di Jakarta. Hadir juga Kadis Perhubungan Kota Batam dan Wakasatlantas Polresta Barelang.
Menurut Amsakar, penghargaan ini diberikan atas pertimbangan dan penilaian yang sangat ketat oleh peme-rintah pusat berdasarkan seleksi terhadap kabupaten/kota.

”Yang menerima penghargaan, adalah yang dinilai mampu dan berhasil menata transportasi publik dengan baik,” terangnya.

Penilaian dilakukan berdasarkan aspek penataan transportasi yang berkelanjutan dan berbasis kepentingan publik serta ramah lingkungan. Sistem ini yang pada akhir-nya akan memberikan nilai tambah terhadap kinerja sistem transportasi secara keseluruhan.

”Baik sistem lalu lintas, angkutan kota yang tertib, lancar, aman, efisien, berkelanjutan dan menjamin ekuitas hak pengguna jalan. Inilah yang menjadi pertimbangan terbesar yang mengantarkan Batam meraih penghargaan tersebut,” beber Amsakar.

”Penghargaan ini kami dedikasikan untuk seluruh masyarakat Kota Batam sekaligus sebagai wujud kerja keras kita bersama yang sangat konsen melakukan penataan transportasi publik yang baik melalui trans Batam, penataan jalan berupa fly over dan membuka ruas jalan di Jodoh, Nagoya, dan Batam Centre,” tambahnya.

Ke depan sesuai kebijakan yang telah digariskan oleh wali kota Batam, pihaknya akan melihat wajah transportasi Batam yang semakin baik karena pada tahun 2017 ini ada tujuh ruas jalan baru yang akan dilebarkan.

”Penghargaan ini menjadi spirit dan motivasi tersendiri dalam menjadikan Batam lebih baik lagi ke depan,” lanjutnya.

Kabag Humas Pemko Batam, Ardiwinata mengungkapkan, dari informasi yang diperoleh bahwa penilaian penghargaan Wahana Tata Nugraha tahun 2016 ini dilakukan melalui tiga tahapan penilaian. Pertama kali dilakukan penilaian dokumen administrasi meliputi perencanaan, pendanaan, kelembagaan, peraturan perundang-undangan, sumber daya manusia, angkutan, prasarana lalu lintas, dan lingkungan.

Setelah itu, survei teknis dan operasional meliputi sarana prasarana, lalu lintas, dan pelayanan ke masyarakat. Tahap terakhir visitasi ke lapangan untuk melihat dari dekat kebijakan pemda dalam pengembangan dan pembangunan transportasi perkotaan. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here