Batas Waktu Gugatan Pilwako di MK Cuma 3 Hari

0
657
Calon Wawako Tanjungpinang, H Syahrul bersama istri saat mencoblos di TPS 003 di Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur di Pilwako baru-baru ini digelar. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang memberikan waktu selama tiga hari kepada calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, untuk mengajukan gugatan hasil pemilihan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

”Jadi kalau pasangan calon Wali Kota Tanjungpinang tidak mengajukan perselisihan hasil pemilihan dalam masa itu, berarti mereka tidak keberatan terhadap putusan KPU,” kata Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution, kemarin.

Sambung dia, pengajuan gugatan hanya tiga hari, sejak dari KPU Kota Tanjungpinang menetapkan perolehan suara terbanyak hingga terpilihnya Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang periode 2018-2023 di Asrama Haji Tanjungpinang, Rabu (4/7).

Baca Juga :  Perindo Pasang Target Satu Fraksi

”Kita tunggu pengajuan gugatan dari paslon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang,” kata Aswin Nasution.

Aswin mengatakan, ia tidak berani memastikan, apakah ada paslon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang tersebut mengajukan gugatan terhadap proses Pilwako Tanjungpinang berlangsung. Intinya, pihaknya menerima pengajuan gugatan dari paslon tersebut.

”Kita lihat saja apakah ada yang mengunggat pilkada Tanjungpinang ke MK,” sebut mantan Ketua Panwaslh Kota Tanjungpinang ini.

Sementara itu, pengamat politik dari Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka menyatakan, tidak bakal ada paslon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang melakukan gugatan ke MK.

Baca Juga :  Sirajudin Nur Diprediksi Duduk di DPRD Kepri

Pasalnya, selisih perolehan suara Pilwako Tanjungpinang sekitar 2,9 persen. Sedangkan MK mensyaratkan untuk paslon kepala daerah yang ingin mengajukan gugatan maksimal selisih 2 persen dari perolehan suara Pilkada.

”Boleh saja mengajukan gugatan. Tapi, nanti sia-sia karena bakal ditolak oleh MK,” kata Endri Sanopaka.

Kalau dilihat perkembangan dari informasi di media, kata Endri, calon Walikota Tanjungpinang dan Wakil Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah dan Maya Suryanti seperti sudah legowo dan menerima hasil pilkada Tanjungpinang.

Sebab, H Lis Darmansyah sudah mengurus berkas pencalonan bakal calon legislatif 2019 mendatang. ”Artinya, beliau meneruskan karir politiknya di legislatif atau bakal calon anggota DPRD Kepri lagi,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here