Batu Besar Bahayakan Pengendara Motor

0
674
BAHAYA: Batu besar yang menggelinding dari atas bukit ke jalan raya membahayakan pengendara sepeda motor saat melintas. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Kondisi Jalan nasional Tarempa-Rintis, tepatnya di Kampung Melayu Tarempa sangat membahayakan. Pasalnya, di bagian jalan tersebut terdapat bukit dengan sejumlah batu besar yang setiap saat bisa ke jalan.

Seperti yang sudah terjadi beberapa waktu, ada satu batu besar yang menggelinding ke jalan. Hingga saat ini, batu tersebut belum dapat dipindahkan karena ukurannya cukup besar. Sehingga, harus menunggu alat berat untuk menggesernya. Beruntung saat kejadian, tidak ada kendaraan yang melintas di jalan saat itu.

Baca Juga :  Kampung KB Dibuka di Dusun Sedanau

”Benar. Tadinya batu itu jatuh ke badan jalan. Karena sering kali diguyur hujan dan tanahnya erosi sehingga batu tersebut runtuh ke jalan,” ungkap Effie Zjuhairi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Dinas PU-PERA) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas, Rabu (11/10).

Ia menambahkan, batu tersebut belum dapat dipindahkan karena untuk memindahkan batu itu butuh alat berat. Jika dipaksakan dengan digulingkan ke bawah jalan juga tidak bisa, lantaran di bawah jalan terdapat pipa saluran air milik warga Tarempa. Ia merencanakan, nantinya akan membangun batu miring dibagian tebing jalan tersebut.

Baca Juga :  Potensi Wisata Terus Dimunculkan

Tetapi hal tersebut belum bisa dilakukan, karena pada tahun depan akan ada peningkatan jalan. ”Jalan itu sudah ditetapkan sebagai jalan nasional. Nah, tahun depan akan ditingkatkan pembangunannya jadi tidak bisa dipasang batu miring,” ungkapnya lagi.

Menurutnya, jika dibangun batu miring maka harus menunggu pembangunan peningkatan jalan sudah selesai. ”Kita tunggu peningkatan jalan selesai. Setelah itu, barulah kita bangun batu miringnya,” jelasnya.

Runtuhnya batu besar tersebut, juga sudah mendapatkan perhatian dari Camat Siantan Ardan. Menurutnya, batu tersebut tidak bisa digulingkan ke bawah tapi harus dihancurkan. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here