Bauksit Belum Jalan, Tambang Timah Liar Marak

0
873
Daeng M Yatir

TELUKBINTAN – Warga Bintan berharap agar usaha dan eskpor mentah tambang bauksit, segera dijalankan. Namun, ketika usaha tambang bauksit belum jalan, justru tambang timah liar yang marak, di daerah Desa Sekuning sekitarnya.

”Kalau tambang bauksit di Kecamatan Teluk Bintan, itu belum jalan bang. Malah tambang timah liar yang sudah jalan,” kata As (35), seorang warga Teluk Bintan, Kamis (28/9) kemarin.

Menurut As, usaha tambang timah itu dijalankan oleh seorang pengusaha kontraktor, yang berasal dari Tanjungpinang. Lokasi tambang timah itu ada yang berada di Sekuning, Kecamatan Teluk Bintan. Sebagian lagi, ada yang berada di perbatasan Kecamatan Teluk Sebong.

Baca Juga :  28 Pelajar Terjaring Razia

”Kabarnya, sudah ada yang dijual kepada pengusaha penampung. Kami tak tahu, apakah usaha tambang timah ini tak punya izin, atau ada izinnya. Yang jelas, lahan kami yang ditambang itu. Cuma, kami belum dapat kompensasi. Pak Cori dari Pinang, yang sering ke lokasi,” ungkap sumber.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPRD Bintan Daeng M Yatir mengatakan, dirinya sudah menerima informasi tentang usaha tambang timah tanpa dokumen itu. Bahkan dari laporan warga, kegiatan tambang timah yang marak itu menyerobot lahan warga.

Baca Juga :  Pegawai Bintan Sumbangkan 26 Sapi Kurban

”Ada warga yang komplain. Kami akan sidak, dalam waktu dekat ini. Karena, izin usaha itu diragukan,” sebut Yatir, baru-baru ini. Hingga berita ini ditulis, pihak pengelola tambang timah yang diduga tidak memiliki izin ini belum memberikan penjelasan. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here