Bauksit Habis Pengusaha Hengkang

0
565
Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, Presdir PT BAI Santoni saat memperlihatkan maket progres smelter Galang Batang beberapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

Bintan terkenal dengan tambang bauksit. Mestinya itu dikelola untuk Perbaki warganya sejahtera. Boksit dah sempat tutup tanpa ada kontribsi untuk perekonomian berkelanjutan serta menyisakan lahan gersang dengan limbang logam beratnya dan tangkapan nelayan jadi anjlok. Sekarang boksit dah buka lagi, haruskan kita jatuh pada lubang yang sama
+6281314992494

Lanjutkan Pembangunan Smelter
SEBAIKNYA Bauyksit jangan byka dulu sebelum ada upaya membuat atau menyelesaian pembangunan pabrik Aluminium BAI (Bintan Aluminium Indonesia) yg berjalan terseok seok sampai hari ini. Pt BAI kebetulan dibangun di Galang Batang Kab. BINTAN yg merupakan cita2 rakyat Kepri selama ini. Terujudnya pabrik aluminium yg bahan bakunya tanah bauksit ini merupakan kekayaan alam besar di pulau Bintan. Kalau pabrik rampung di saat Apri jadi bupati Bintan, akan menjadi catatan sejarah penting dan beharga bagi sosok kelahiran Kijang Bintan Timur itu.
+6281267715251

Tanggapan:
PEMBANGUNAN smelter merupakan salah satu syarat yang diminta pemerintah jika ingin mengekspor bauksit. Adapun smelter yang dibangun tersebut yakni di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang Bintan. Sejak Peraturan Pemerintah (PP) penetapan kawasan ini jadi KEK tahun lalu, investasi terus menggeliat di kawasan ini.

Peraturan Pemerintah (PP) No.42 tahun 2017 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Galang Batang. Dengan demikian, Galang Batang resmi menjadi KEK. Pemerintah memastikan program strategis yang mendapat restu Presiden RI Jokowi berjalan on the track atau sesuai rencana. Salah satunya adalah KEK Galang Batang.

Kita datang untuk menepis anggapan bahwa pelaksanaan KEK di sini belum berjalan ternyata tidak benar. Semua sudah berjalan sesuai tahapannya. Nurdin berharap dukungan berbagai pihak untuk membuat perekonomian Kepri semakin meningkat. Keberadaan KEK Galang Batam ini diharapkan investasi yang masuk semakin gencar.

Sampai saat ini, sudah ada tiga investor yang memastikan masuk ke kawasan itu untuk membangun berbagai fasilitas. Kepastian tiga investor itu disampaikan Direktur Utama PT. BAI, Santoni.

Saya juga menyaksikan langsung proses bongkar beberapa bahan yang mulai masuk ke kawasan ini. Pemprov terus mencari terobosan untuk memperbanyak masuknya investasi di Kepri. KEK salah satunya. Investasi ini yang nantinya akan memacu dan memicu pertumbuhan ekonomi Kepri.

Kita optimis bahwa terwujudnya pembangunan di KEK Galang Batang ini, ke depan semakin banyak menarik minat investor untuk berinvestasi di Kepri. Kita berharap ini segera selesai, kalau sudah siap, maka pasti akan menyerap ribuan tenaga kerja.

Pengelola kawasan juga mesti lebih mengutamakan anak-anak daerah dalam mengisi peluang yang ada. Karena Nurdin ingin putra-putri Kepri ikut berpartipiasi dalam menumbuhkembangkan ekonomi daerah ini. Apalagi pengusahanya, Santoni sudah berjanji, untuk memprioritaskan tenaga kerja asli daerah. (ais)

Nurdin Basirun
Gubernur Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here