Bawa Ganja, Efendi Diamankan Bea Cukai

0
668

KARIMUN – KANTOR Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjungbalai Karimun, menahan seorang penumpang asal Malaysia karena kedapatan membawa narkotika jenis ganja. Penumpang yang bernama Efendi pada dokumen paspornya ditangkap saat tiba di Pelabuhan Intenasional Tanjungbalai Karimun, kemarin.

Pada hari itu juga, pihak BC menyerahkannya langsung kepada Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Karimun. Efendi diamankan petugas BC, karena didapati membawa ganja siap pakai melalui pemeriksaan dengan mesin X-Ray. ”Setibanya di Karimun dari Malaysia, saat itu Efendi menggunakan kapal feri MV Trans JB. Diketahui menyimpan narkoba jenis ganja kering, setelah petugasnya curiga saat memeriksa barang bawaannya melalui pemeriksaan X Ray,” kata Andi Cusna, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan, kemarin.

Baca Juga :  Perusda Karimun Tertibkan Pedagang Sayur

Ia menambahkan, pria yang diamankan tersebut merupakan warga asal Tanjung Samak, Meranti, Provinsi Riau. Hasil penggeledahan terhadap barang bawaannya, didapati ada satu bungkus ganja kering seberat kurang lebih 1,34 gram. ”Kecurigaan petugas melihat gerak-gerik Efendi saat akan memasuki X Ray. Saat itu ia kelihatan sedikit bingung. Akhirnya, petugas memanggilnya dan dilakukan penggeledahan badan dan barang bawaan,” terang Andi Cusna.

Ia mengakui, narkoba yang ditemukan adalah miliknya. Ketika diamanakan, Efendi tidak melakukan perlawanan saat dibawa ke Kantor Bea dan Cukai sebelum diserahkan kepada pihak Sat Narkoba Polres Karimun. Pencegahan terhadap Efendi, menambah catatan Bea dan Cukai yang membawa narkoba ke Karimun melalui Pelabuhan Internasional.

Baca Juga :  Gudang Kepiting Ludes Dilahap Api

Untuk menyelesaikan perkara ini, penyidik Bea dan Cukai berkoordinasi dengan Sat Narkoba Polres Karimun. Untuk itu, pihak Bea dan Cukai menjerat Efendi dengan Pasal 102 huruf e UU No.17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan. ”Untuk Sat Narkoba, menjerat dengan pasal 113 ayat (1) UU No.35 tahun 2009 tentang Narkotika,” ungkapnya.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here