Bawa Pasir, Kapal Ditahan

0
748
KLM Kajuara Bahari Permai ketika diamankan di Dermaga Kanwilsus DJBC Kepri Meral karena diduga mengangkut muatan tanpa dilengkapi SIB dan dokumen lainnya. f-alrion/tanjungpinang pos

Petugas Bea dan Cukai (BC) dari Kanwilsus DJBC Kepri melakukan penegahan terhadap KLM Kajuara Bahari Permai bermuatan pasir karena diduga berlayar dari Tanjung Balai Karimun tujuan Bangka Belitung tanpa dilengkapi SIB dan dokumen pengangkutan lainnya, Senin (13/8).

KARIMUN – ”Kapal diamankan. Sedangkan kru telah dimintai keterangan, dan telah dilimpahkan dari Kanwilsus Bea dan Cukai Kepri pada KPPBC Tipe Madya Pabean B TB Karimun untuk proses lebih lanjut. Saat ini, muatan sedang diperiksa dan dicacah,” kata Humas KPPBC Tipe Madya Pabean B TB Karimun, Bagus, Rabu (15/8).

Ia menerangkan, penegahan KLM Kajuara Bahari Permai dilaksanakan pada Koordinat 00°-40’-36” U/103°-40’-06” tepatnya di perairan Moro Besar oleh tim Kapal Patroli Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau BC 30005.

Saat berlayar, tim menemui dan memeriksa KLM Kajuara Bahari Permai GT.285 no.477/Na dari Tanjung Balai Karimun tujuan Bangka Belitung.

Hasil Pemeriksaan saat itu, didapati muatan kapal yaitu berupa mineral tambang berbentuk pasir yang dikemas dalam kemasan plastik bag sebanyak ±400 MT.

Saat ini, pihak BC sedang dilakukan pencacahan dan penelitian uji laboratorium terhadap barang tersebut.

”Kapal beserta muatannya tidak dilengkapi dokumen berupa Surat Izin Berlayar dan dokumen pengangkutan Lainnya dari Tanjung Balai Karimun tujuan Bangka Belitung. Masih menurut pengakuan nahkoda, barang tersebut dimuat di pelabuhan Roro Parit Rampak Tanjung Balai Karimun pada Hari Sabtu 11 Agustus 2018,” terangnya.

Kapal beserta muatannya dibawa menuju Dermaga Ketapang Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau guna proses lebih lanjut sesuai dengan Surat Bukti Penindakan nomor SBP 02/WBC.04/BC30005/2018, 13 Agustus 2018.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here