Bawah Jembatan 1 Jadi Lokasi Kongko

0
1057
Tinjau jembatan: Gubernur meninjau lokasi pembangunan gapura di Depan Jembatan I Dompak, Senin (11/9). F-SUHARDI/TANJUNGPINANG POS

Dalam konsep pengembangan Jembatan 1 Dompak, semua bagian dari jembatan akan dimanfaatkan agar lebih bernilai sosial, ekonomi dan wisata. Bahkan bawah jembatan akan dibuat tempat kongko dan parkir.

DOMPAK – Jalan menuju Jembatan 1 Dompak dari arah depan Ramayana akan ditata. Mendekati jembatan akan dibuat gapura kecil bernuansa Melayu dengan tulisan ’Selamat Datang di Pusat Pemerintahan Provinsi Kepri di Kota Piring’.

Kemudian dibangun dua menara besar di sisi kiri dengan tinggi 17 meter dan sisi kanan serta kubah kecil dan kubah besar di sisi kiri dan kanan yang melekat ke menara tersebut.

Usai rapat paripurna Senin (11/9) Gubernur Kepri H Nurdin Basirun bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kepri, Abu Bakar meninjau lokasi pembangunan gapura dan menara bernuansa Melayu.
Pantauan di lapangan, Nurdin langsung melihat gambar landmark gerbang masuk jembatan I Dompak, yang di tunjukkan Kabid Bina Marga PUPR Pemprov Kepri Hendrija tentang progres yang akan di bangun di lokasi tersebut.

Nantinya, di sisi kiri dan sisi kanan jalan menuju Jembatan dibangun pedestrian dan parkir khusus mobil. Ada juga tempat santai pengunjung
Kemudian, di bawah jembatan sisi kiri dan kanan akan dibangun tempat santai yang dilengkapi kios kecil. Kios inilah nanti jualan berbagai makanan dan minuman ringan untuk warga yang kongko di sana.

Baca Juga :  Polres Terapkan SIM Online

Tempat kongko ini didesain agar tetap berada di atas air laut. Sehingga, meski air laut sedang pasang, tidak mengganggu pengunjung bersantai. ”Bawah jembatan itu tetap kita perbaiki. Kita ratakan untuk tempat parkir. Ada juga kios kecil di sana. Untuk tempat kongko lah. Jadi, kita siapkan juga tempat bagi pelaku UKM di bawah jembatan dan ada kios di bagian sebelah kanan jembatan nanti,” jelasnya, kemarin.

Median jalan memang dirancang indah dengan tanaman bunga, pohon dan rumput. Sehingga sepanjang jalan, pengunjung akan merasa nyaman. Hendrija mengatakan, yang dibangun tahun ini adalah menara utama, kubah kecil, pedestrian, marka jalan, pengaspalan jalan, lampu jalan dan pagar.

Kemudian akan dibangun juga bundaran 1. Jalan sepanjang menuju bundaran juga dilengkapi pedestrian dan ada pohon sepanjang jalan.
Di median jalan atau pulau jalan, sudah ditanami pohon. Nanti akan ditanam berbagai jenis bunga sehingga dari depan Ramayana hingga Bundaran 1, pemandangan akan sejuk, indah dan aspalnya mulus. ”Itulah pengembangan Pulau Dompak agar bernilai tambah. Siapapun yang masuk ke Dompak nanti, akan merasakan kenyamanan itu,” bebernya.

Baca Juga :  Dewan Turun Antar Air ke Pemukiman

Ia menambahkan, pembenahan Dompak dilakukan bertahap. Alokasi anggarannya Rp 9,7 miliar. Namun tahun ini baru dialokasikan Rp 4,8 miliar. Sisanya dibangun tahun depan. ”Sesuai dengan perintah gubernur, yang paling utama dan skala prioritas adalah pembangunan dan penyelesaian sarana prasarana pusat Pemerintahan Kepri di Dompak, mulai dari pintu masuk Jembatan Dompak hingga ke pusat pemerintahan, termasuk finishing Jembatan I Dompak,” ujar Abu Bakar, Kepala Dinas PU Peprov Kepri.

Kata Abu Bakar, sejumlah pekerjaan yang saat ini sedang berlangsung di pusat pemerintahan, penataan sarana jalan pada pintu masuk Pulau Dompak dengan alokasi dana Rp4,8 miliar, proyek peningkatan jalan menuju kawasan pusat pemerintahaan Pulau Dompak Rp 14,3 miliar. Penataan Bundaran Jembatan I Pulau Dompak Tanjungpinang Rp1,4 miliar, serta finishing dan bangunan pelengkap Jembatan I Pulau Dompak Rp10,7 miliar.

”Gubernur juga menargetkan, selain harus sudah nampak pada Januari 2018 dari proyek yang saat ini dikerjakan, penataan dan pembangunan sarana prasarana pusat pemerintahan ini sudah harus selesai dalam 2 tahun,” ujarnya.

Baca Juga :  Ayo, Cek Data Pemilih Anda!

Selain perbaikan sarana jalan, aspal, median jalan, bundaran dan taman, Dinas PU Provinsi Kepri, disampaikan Abu Bakar, juga akan membenahi sarana parit serta trotoar jalan di Pulau Dompak. Demikian juga dengan pelaksanaan penghijauan.Jadi, selain peningkatan sarana dan prasaran, pelaksanaan penghijauan, melalui penanaman pohon di sepanjang jalan dan lingkungan Pemerintahan Kepri di Pulau Dompak juga akan dilakukan.

Dalam pelaksanaan penghijauan, selain melibatkan Bagian Pertamanan Pemukiman dan Perumahan dan PU, Pemerintah Provinsi Kepri juga akan melibatakan seluruh OPD, dalam melakukan penghijauan dan penanaman pohon, termasuk mengurusnya. ”Setiap OPD di Kepri nanti ada lokasi jalan di Dompak yang direboisasi dan yang ditanam serta dirawat. Sehingga dalam 2 tahun ke depan, kawasan pusat pemerintahan sudah hijau dan rindang,” ujarnya.

Ia juga berharap, tanam yang akan ditanam nanti, bisa menjadi ruang terbuka hijau di Tanjungpinang. Dan, minta masyarakat menjaganya.(MARTUNAS-SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here