Bawah Laut Anambas, Jadi Andalan Wisata

0
398
SEORANG wisatawan saat menyelam menikmati indahnya alam bawah laut Anambas seperti terumbu karang, baru-baru ini. f-istimewa

ANAMBAS – Pulau Bawah dan Padang Melang telah dikenal sebagai lokasi wisata terindah di Anambas. Ternyata, bawah laut Anambas menyimpan rahasia terindah.

Banyak terumbu karang yang warna-warni dan sangat indah di sejumlah titik di Anambas. Titik terumbu karang terindah ini sudah diteliti tim konservasi internasional Indonesia beberapa waktu lalu.

Kini, Pemkab Anambas memperkaya destinasi wisata di daerah itu. Potensi wisata bawah laut yang sangat menarik tersbeut menjadi andalan sebagai nilai jual di sektor pariwisata.

Jumlah spot wisata bawah laut juga tidak sedikit dan semuanya memiliki keindahan tersendiri. Hal itu sesuai dengan hasil survei konservasi internasional Indonesia tersebut.

Hasilnya menunjukkan, ada sejumlah titik terumbu karang yang cukup indah dibeberapa lokasi di kecamatan yang ada di Anambas.

Beberapa tempat yang sudah disurvei diantaranya yakni, sejumlah pulau yang masih masuk wilayah Kecamatan Jemaja seperti di sekitar Pulau Kermut, Kuala Maras. Selain itu, di Kecamatan Siantan Selatan seperti Pulau Bawah, Pulau Temiang, Telibang serta Pulau Tenaga.

”Di Pulau Telibang, kondisi terumbu karangnya bagus dan berada pada kedalaman 20 sampai 25 meter. Di sini didominasi karang keras,” ungkap Kepala Bidang promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas Rusdi, kemarin.

Untuk di Kecamatan Palmatak, yakni di sekitar perairan Pulau Pahat Renge, Durai, Tokong berlayar, Pulau Penjalin dan masih banyak lagi lokasi terumbu karang yang bagus.

”Di pulau-pulau ini kondisi terumbu karangnya lebih bagus, dengan kedalaman 15 hingga 20 meter. Di sini juga didominasi karang keras,” jelasnya lagi.

Berdasarkan hasil survei tersebut, Rusdi menilai perlunya potensi itu dipromosikan. Sebab, dengan modal potensi wisata alam bawah laut merupakan nilai jual untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun lokal.

Meningkatnya kunjungan wisatawan, tentunya akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selain itu, Pemda Kepulauan Anambas juga gencar mempromosikan kepada investor untuk membangun beberapa resort dan penginapan yang layak bagi wisatawan.

Sebelumnya, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris SH juga mengajak investor, untuk berinvestasi di Anambas di bidang perhotelan.

Menurut dia, mulai tingginya kunjungan wisata di Anambas merupakan efek sejumlah langkah yang dilakukan dalam membangun pariwisata.

Salah satu event yang memiliki daya tarik, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara seperti event Festival Padang Melang (FPM).

”Kita akan memaksimalkan segenap kekuatan yang ada dalam menarik wisatawan. Apalagi kita memiliki surganya daerah tropis yang terdiri dari pulau dan pantai yang keindahannya telah diakui oleh dunia. Belum lagi keindahan bawah laut, sajian khas kuliner serta seni budaya yang dapat memikat pelancong untuk datang,” terangnya.

Dengan kondisi yang ada saat ini, lanjut Haris, telah membentuk Anambas menjadi lahan investasi yang menjanjikan bagi para investor khususnya yang bergerak di bidang perhotelan dan pariwisata.

Ia melanjutkan, saat ini Pemda memberikan kemudahan kepada investor untuk menanamkan modalnya di Anambas.

”Kita memberikan kemudahan bagi para investor untuk berinvestasi di daerah ini. Bukan hanya memudahkan pengurusan saja, tapi juga siap membantu para investor yang akan berinvestasi termasuk pajak satu tahun akan digratiskan,” bebernya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here