Bawang Naik Rp10 Ribu Per Kilo Perkilo

0
26
Warga saat membeli bawang merah di pasar tradisional kemarin. f-raymon/tanjungpinang pos

Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Tanjungpinang, menjelang Natal dan Tahun Baru 2019 kembali merangkak naik. Sebelumnya, beberapa bulan sempat mengalami penurunan harga.

TANJUNGPINANG – Harga bawang merah impor dari India sekarang Rp28 ribu per kilo. Sebelumnya hanya Rp18 ribu per kilogram. Begitu juga bawang merah Jawa naik jadi Rp38 ribu per kilogram, sebelumnya hanya Rp28 ribu per kilogramnya.

Herman, salah satu pedagang bawang merah mengatakan kenaikan harga bawang merah karena stok menipis.

”Mayoritas bawang merah India dipasok berasal dari India. Harga dari distributor naik maka pedagang juga menaikan harga bawang merah,” katanya, kemarin.

Herman menyebutkan, selama satu bulan terakhir, harga bawang merah impor sudah mengalami kenaikan dan pasokannya juga sudah menipis. Hukum pasar, sambung dia bila stok menipis dan harga dari distributor otomatis para pedagang menaikan harga untuk konsumen juga.

Lanjutnya, naiknya harga bawang merah impor ini diikuti juga dengan harga bawang merah jawa. Bahkan ia memprediksikan bila stok menipis harga bawang merah bakal naik lagi.

”Biasanya harga bawang jawa Rp28 ribu per kg, sekarang naik menjadi Rp38 ribu per kg,” sebutnya.

Ratna, warga saat membeli bawang merah, mengaku karena harga mahal, ia terpaksa mengurangi jumlah pembelian bawang merah. Menurutnya, bawang kebutuhan sehari- hari termasuk kebutuhan pokok saat memasak. ”Biasa saya beli satu kilo, sekarang ya setengah kilo saja dulu, kita tunggu harganya turun lagi,” ujarnya. (RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here