Bawaslu Ajak RT/RW Awasi Politik Uang di Pemilu 2019

0
29
Ketua Bawaslu Kota Tanjugnpinang foto bersama dengan Forum Ketua RT/RW usai melakukan pertemuan bahas politik uang. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Pencegahan dan penguatan pengawasan guna mewujudkan Pemilu bersih dan demokratis, Bawaslu Kota menggandeng Ketua RT/RW se Kota Tanjungpinang.

Bawaslu Kota Tanjungpinang mengadakan sosialisasi pemilu bersama Pengurus Forum Komunikasi RT/RW se-Kota Tanjungpinang. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Bintan Plaza (BP), Rabu (28/11) pagi.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Zaini menuturkan, sinergi dengan semua pihak merupakan kunci utama mencegah pelanggaran Pemilu, terutama money politik. Ia menilai, bersama Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat sebagai ujung tombak pemerintah dalam memberikan pelayanan dan memelihara ketertiban maayarakat.

Ia meminta komitmen seluruh Ketua RT/RW memiliki komitmen menolak tawaran money politik menjelang Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. ”Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu,” ujarnya.

Ia menilai, Ketua RT/RW yang berada ditengah-tengah masyarakat lebih cepat mengetahui berbagai informasi dan potensi. Kesadaran melawan money politic ini sejalan dengan fungsi RT/RW dalam Perda No.1 Tahun 2016 tentang Lembaga Kemasyarakatan, dalam menjaga dan menegakkan ketertiban dan keamanan masyarakat.

”Apabila terindikasi adanya aktivitas bagi-bagi uang atau sembako segera menginformasikan kepada Bawaslu,” ujar Zaini yang juga Kordiv Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga. Dituturkannya, masyarakat juga dapat menghubungi call centre Bawaslu 0822879900688.

Sementara itu, Kordiv Hukum dan Penindakan Pelanggaran, Maryamah menjelaskan akan menindak tegas secara proses hukum terhadap dugaan pelanggaran money politic, tahapan pemilu sedang berjalan. ”Sanksinya jelas dan tegas dalam UU 7 Tahun 2017, 2 tahun penjara dan denda Rp24 juta, bahkan diskualifikasi sebagai caleg,” ungkapnya.

Hadir sebagai narasumber mewakili Kapolres, Kompol Very. Ia menuturkan, bersinergi bersama Bawaslu dalam menciptakan pemilu yang damai dan bersih dari pelanggaran. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here