Bawaslu Akan Panggil KPU Tanjungpinang

0
172
Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini (tengah), Komisioner Bawaslu Kota Tanjungpinang, Maryamah (kanan) dan Novira Damayanti (kiri) F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tanjungpinang terus memproses laporan dari Partai Berkarya terhadap KPU Tanjungpinang yang sudah mencoret beberapa daftar caleg partai tersebut. Pembacaan putusan sidang pendahuluan berlangsung di ruang sidang Kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang berada di Komplek Bincen Tanjungpinang, Kamis (30/8).

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhammad Zaini kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (30/8), mengatakan laporan pelapor telah memenuhi syarat dalam sidang pendahuluan laporan dugaan pelanggaran administrasi pemilu, yang sudah berlangsung di ruang ang sama pada Rabu (29/8) pagi.

Karena pelapor telah penuhi empat unsur, yakni terpenuhi syarat formil materiil, pelapor dan terlapor sesuai legal standing, masih masuk tenggang waktu dan sesuai dengan kewenangan Bawaslu untuk melakukan penyelesaian laporan.

Semua ini, lanjut Zaini, sebagaimana diatur dalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan Perbawaslu Nomor 8 tahun 2018 tentang Penyelesaian Pelanggaran Administrasi Pemilu.

”Saat ini kami senantiasa berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Bawaslu Provinsi Kepri terkait permasalahan tersebut,” ucap dia.

Kemudian, Bawaslu sedang membuat time line proses penyelesaian laporan tersebut. Karena kewenangan Bawaslu untuk melakukan proses penyelesaian selama 14 hari, sebagaimana diatur di dalam Perbawaslu Nomor 8 tahun 2018.

Setelah itu, masih kata dia, Bawaslu Kota Tanjungpinang akan membuat serta mengagendakan sidang lanjutan. Sidang lanjutan tersebut, adalah sidang pemeriksaan.

Sidang pemeriksaan nanti, akan dihadirkan pelapor pengurus Partai Berkarya, dan terlapor KPU Kota tanjungpinang. Karena di dalam sidang pemeriksaan tersebut, Bawaslu Kota Tanjungpinang meminta keterangan dari KPU Kota Tanjungpinang terhadap laporan dugaan pelanggaran administrasi pemilu yang dilaporkan pengurus Partai Berkarya.

”Dalam waktu dekat ini, kita akan agendakan sidang pemeriksaan. Kita akan kirim surat secara resmi ke KPU Kota Tanjungpinang dan Partai Berkarya,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here