Bawaslu Bintan Rekomendasi PSU di Empat TPS

0
333
Ketua Bawaslu Kabupaten Bintan, Febriadinata yang sedang memantau rekapitulasi perhitungan perolehan suara di Bintan, belum lama ini. F-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

BINTAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bintan telah menerbitkan hingga memberikan surat rekomendasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan untuk melakukan Pemilihan Suara Ulang (PSU) di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Bintan, Febriadinata kepada Tanjungpinang Pos, Senin (22/4).

Empat TPS, kata Febriadinata, menyebar di dua Kecamatan di Kabupaten Bintan, yakni Kecamatan Bintan Timur terdapat tiga TPS dan Kecamatan Teluk Sebung hanya satu TPS.

Tiga TPS di wilayah Kecamatan Bintan Timur (Bintim) yang melakukan PSU, yakni TPS 12, TPS 13 dan TPS 73. Sedangkan di wilayah Kecamatan Teluk Sebung di TPS 2.

Baca Juga :  Soerya Respationo Belum Terima Surat Pengunduran Rahma

Empat TPS, lanjut dia, Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hanya melakukan hingga menerapkan Pemilihan Presiden (Pilpres) saja. Ini hanya berlaku untuk pemilih yang masuk kedalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) di TPS tersebut.

Alasan diberikan surat rekomendasi PSU, bahwa Bawaslu Kabupaten Bintan melalui jajaran Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) menemukan pemilih yang memiliki identitas kependudukan, yakni KTP elektronik (KTP-el) di luar Provinsi Kepri.

Sebenarnya, pemilih bisa menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019 berdasarkan alamat yang tercantum di KTP-el miliknya. Artinya, pemilih tidak bisa sesuka hari menyalurkan hak pilih di TPS hanya menggunakan KTP-el.

Baca Juga :  AWe dan Khazalik Terbuka Lebar Maju di Pilkada Bintan

”Ini semua ketidak pahaman anggota KPPS yang bertugas di TPS tersebut. Informasi yang kami terima tanggal 24 hari Rabu dilakukan PSU di empat TPS,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here