Bawaslu Buka Pendaftaran Panwaslu

0
1816
Razaki Persada

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepri membuka pendaftaran bagi masyarakat untuk menjadi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), untuk Pilkada Kota Tanjungpinang 2018, Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Tanjungpinang – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepri, Razaki Persada menjelaskan, pembentukan Panwaslu kabupaten/kota mulai dibuka besok (hari ini), Senin (12/6) sampai Jumat (16/6). Pendaftaran Panwaslu untuk seluruh kabupaten/kota di Kepri. Mulai Panwaslu Kota Tanjungpinang, Batam, Lingga, Karimun, Anambas, Anambas dan Bintan.

”Meskipun belum disahkan RUU Pemilu, tapi sudah ada komitmen Bawaslu akan dipermanen bukan Ad Hoc lag. Jadi kita rekrut 5 komisioner Panwaslu per kabupaten/kota. Dulu status ad hoc, jumlah anggota Panwaslu hanya tiga orang,” kata Razaki Persada, kemarin.

Baca Juga :  Tiga Kampung Terhubung Pelantar

Kata Razaki Persada, masing-masing panwaslu kabupaten/kota nanti akan direkrut 5 orang. Dan Bawaslu sudah membentuk dua tim pembentukan panwaslu seluruh kabupaten/kota di Kepri. Untuk tim m A, pemilihan Panwaslu Kota Batam, Karimun dan Natuna, tim panselnya diketuai oleh Dr. Sri langgeng ratnasari, SE., MM. Sedangkan Sekretaris Tito, anggotanya Khairullah, M.Pdi Muhammad Sarih,SE Rahmad Budi Harto, SE.MM.

Sedangkan untuk tim B, untuk pemilihan panwaslu Tanjungpinang, Bintan, Anambas,Lingga, ketuanya adalah Nikolas Panama, SH., M.Pd, Sekretaris Dr. Oksep Adyanto, SH., MA dan anggota Marzuki, SH.,Sari Wahyunie, SE., Mak., AKIr. Mirwan Anthon Siregar.

Baca Juga :  Pembukaan MTQ dan Pawai Taaruf Meriah

”Kita juga minta masukan kepada masyarakat, apakah timsel itu ada yang sebagai tim sukses salah satu calon atau orang partai,” tegasnya. Lebih lanjut ia menjelaskan, tim seleksi ini akan bekerja paling lama dua bulan, untuk menghasilkan calon komisioner Panwaslu. Selanjutnya akan dilakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test), untuk menetapkan lima komisioner yang akan dilantik.

”Kita buka pendaftaran mulai 12 Juni sampai 16 Juni. Sedangkan pengumuman seleksi administrasi mulai 9 Juli mendatang,” tegasnya. Kata Razali, bagi masyarakat yang ingin menjadi panwaslu, silahkan mendaftar. Karena, aturan yang baru, meskipun belum disahkan, status panwaslu adalah permanen sama dengan KPU. Artinya, pemilihan komisioner Panwaslu 5 orang.

Baca Juga :  Warga Dihebohkan UN Swissindo

”Peluang besar untuk menjadi anggota panwaslu, karena statusnya sudah permanen bukan ad hoc lagi. Ada penambahan 2 orang,” tegasnya.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here