Bawaslu Lakukan Patroli Anti Politik Uang

0
42
Rapat Koordinasi pendistribusian logistik Pemilu, kemarin. f-istimewa

BINTAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bintan segera melakukan patroli anti politik uang, untuk mengawasi proses Pemilu sampai masa pencoblosan nanti. Patroli yang akan dilakukan oleh satgas tersebut dilakukan hingga unit pengawasan RT dan RW.

Selain itu juga dibuka Tim Pengaduan Pelanggaran di setiap Panwaslu Kecamatan.

Febriandinata, Ketua Bawaslu Bintan mengatakan, pihaknya siap melakukan pengawasan dan berharap kerja sama dari masyarakat, untuk membantu tugas pengawasan tersebut.

”Petugas kami nanti akan dibekali tanda pengenal, saat melakukan patroli anti politik uang. Untuk pos pengaduan pelanggaran akan dilakukan hingga malam hari,” katanya pada rapat koordinasi pelaksanaan dan pengawasan distribusi logistik pemilu, masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara di Bhadra Resort, Jumat (12/4) pagi.

Ia mengatakan, selain itu juga pihaknya memastikan distribusi dan kecukupan logistik saat pemungutan suara mendatang. Untuk Daftar Pemilih Khusus (DPK) juga akan dipastikan kecukupannya untuk surat suara yang tersedia.

”Untuk DPK juga kami harus awasi kecukupannya. Sekarang kan aturannya lebih luas. Jika surat suara kurang untuk DPK di TPS, maka dapat diambil dari TPS lainnya di kecamatan yang sama, namun ada mekanismenya,” jelasnya.

Untuk masa tenang, lanjutnya, pihaknya juga akan menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) bersama Satpol PP. Nantinya APK yang ditertibkan tidak akan dikembalikan ke parpol atau caleg yang bersangkutan. Begitu juga APK yang ada di setiap posko pemenangan harus dibersihkan.

”Untuk kampanye melalui media massa juga akan disurati melalui Bawaslu provinsi. Kalau saat kampanye ada media masa cetak, online atau elektronik yang masih memasang iklan kampanye, maka akan ditindak juga. Baik media maupun caleg atau capres yang terkait,” jelasnya. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here