Bawaslu Periksa Dokumen Laporan

0
427
Widiyanto Agung S

Hari Ini Terakhir LPSDK

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri hari ini dijadwalkan menerima Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dari peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 terakhir pada Rabu (2/1) pukul 18.00WIB.

TANJUNGPINANG – Penyerahan LPSDK yang dilakukan peserta Pemilu, mulai dari partai politik (parpol), calon Anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan tim pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden berlangsung di Kantor KPU Provinsi Kepri beralamat Jalan Basuki Rahmat Tanjungpinang.

”Hari ini (Rabu, red) kita baru terima LPSDK dari peserta Pemilu,” kata Devisi Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri, Widiyono Agung S, KPU Provinsi Kepri kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Baca Juga :  Riono dan Reni Yusneli Daftar ke PDIP

KPU Provinsi Kepri belum bisa mengetahui peserta pemilu mana yang sudah menyerahkan LPSDK. Alasannya, Selasa (1/1) adalah batas terakhir KPU Provinsi Kepri menerima konsultasi dari peserta Pemilu serentak 2019.

”Sanksi tidak ada. Cuman, hanya kepatuhan saja. Bahwa peserta pemilu tersebut kredibel dan mau transfaran terhadap keuangan selama Pemilu kepada publik,” sebut Agung.

Terpisah, Devisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepri, Idris mengatakan, Bawaslu Provinsi Kepri akan tetap mengawasi hingga melototi dokumen LPSDK yang diserahkan peserta Pemilu ke KPU Provinsi Kepri. Ini berdasarkan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pengawasan Dana Kampanye Pemilu.

Baca Juga :  Warga Kepri Doakan Lukman Edy di Pilgub Riau

Karena Bawaslu hanya memastikan kepatuhan laporan, ketepatan laporan, penerimaan dana kampanye bersumber yang dilarang serta kelebihan sumbangan dana kampanye kepada peserta pemilu tersebut.

Selain itu, Bawaslu juga akan memeriksa laporan keuangan yang sudah digunakan maupun belum digunakan oleh peserta pemilu pada kampanye.

Kemudian, Bawaslu akan melihat identitas pemberi sumbangan kepada peserta Pemilu, melihat nominal batasan dana sumbangan kampanye serta bukti transaksi lainnya.

”Ini yang akan kita awasi,” terang dia.

Ia berharap, semua peserta Pemilu serentak 2019, menyerahkan LPSDK pada KPU. Agar peserta Pemilu tidak melanggar rambu-rambu Pemilu.

Baca Juga :  Calon Independen Harus Percaya Diri

”Nanti, yang audit itu PPATK. Karena kita (Bawaslu, red) bekerjasama dengan PPATK. Mereka (PPATK, red) yang memiliki hak serta wewenang untuk audit keuangan milik peserta pemilu yang sudah dilaporkan kepada KPU. Termasuk memantau transaksi,” sebut dia.(ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here