Bawaslu Perkuat Pengawasan Pemilu

0
36
Ketua Bawaslu Tanjungpinang M Zaini, didampingi komisioner lainnya foto bersama dengan FKPD Tanjungpinang. F-istimewa

TANJUNPGINANG – Bawaslu Kota Tanjungpinang menggelar rapat koordinasi bersama stakeholder sekaligus pembinaan dan pemberian penghargaan kepada jajaran Panwascam dan PPL, di Hotel CK, Kamis (30/8), lalu.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang, Muhamad Zaini, menjelaskan rakor tersebut bertujuan untuk mengevaluasi penyelenggaraan pilkada 2018, sekaligus membangun konektifitas hati dan pemantapan sinergi langkah stakeholder terkait dalam menghadapi pemilu 2019 yang lebih berkualitas dan bermartabat.

”Kesuksesan pilkada Tanjungpinang 2018 yang aman dan damai, berkat kerjasama dan dukungan semua pihak,” ujarnya, kemarin.

Menurutnya, selain Bawaslu, dalam Rakor ini ia juga mengundang Ketua KPU dan Kapolres Kota Tanjungpinang sebagai pembicara. Turut hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Dandim, Danlanud, Kasat Pol PP, Ketua LAM Kota Tanjungpinang, Kesbagpol, Disdukcapil, camat dan lurah se-Kota Tanjungpinang.

Dari perspektif Bawaslu, kata dia, evaluasi ini sebagai motivasi dan penguatan dalam proses peningkatan kinerja pencegahan, pengawasan dan penindakan pelanggaran dalam mempersiapkan perhelatan pemilu serentak pileg dan pilpres 2019. Termasuk evaluasi proses penyelenggaraan dari persepektif KPU dan upaya penguatan keamanan sosial politik agar terwujud pemilu yang semakin aman dan damai dari perspektif Kapolres.

”Sejatinya ada 5 sumbu yang berfungsi dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas yaitu, penyelenggara yang berintegritas dan profesionalitas, kontestan yang taat aturan dan tidak melakukan kecurangan, partisipan yang sadar hak konstitusional dan menjadi pemilih cerdas, keamanan sosial politik yang terjaga dengan baik dan media yang informatif dan edukatif,” jelas Zaini.

Sementara itu anggota Bawaslu Tanjungpinang Maryamah menjelaskan, rakor ini juga disejalankan dengan pembinaan bagi Panwascam dan PPL se-Kota Tanjungpinang, serta pemberian piagam penghargaan sebagai apresiasi atas dedikasinya dalam pengawasan pilkada.

”Harapannya semoga menjadi spirit motivasi jajaran pengawas dalam menghadapi pemilu 2019,” tegas Maryamah

Sedangkan Novira Damayanti mengingatkan Bawaslu Insya Allah sudah siap untuk menghadapi Pemilu 2019, dengan memperkuat jajaran pengawas yang berintegritas, profesional dan independen sesuai peraturan perundangan. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here