Bawaslu Tangani Tiga Perkara Money Politik

0
516
Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggran dan penyelesaian sengketa Bawaslu Kota Tanjungpinang, Maryamah F-istimewa

TANJUNGPINANG – Selama masa tenang Bawaslu Kota Tanjungpinang telah menerima tiga perkara dugaan money politik yang dilakukan oleh oknum calon anggota legislatif (caleg).

Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggran dan penyelesaian sengketa Bawaslu Kota Tanjungpinang, Maryamah mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi dari pihak kepolisian bahwa telah mengamankan empat orang dugaan pelanggaran money politik yang diduga dari oknum caleg dari dapil Tanjungpinang Timur dari partai Gerinda dengan inisial M.

“Kejadian itu tadi malam disekitaran perumahan Bukit Raya Ganet,” katanya Rabu (17/4).

Lanjutnya, barang bukti yang diamankan berupa amplop yang berisikan uang dan orang yang membagikan amplop diperiksa oleh pihak kepolisian, dengan adanya temuan ini pihaknya akan memplenokan. Dari keterangan empat orang yang membagikan amplop itu telah disuruh oleh oknum caleg Gerinda.

“Selama masa tenang sudah ada tiga berkas terkait dengan dugaan money politik,” sebutnya.

Maryamah menyebutkan, tiga dugaan money politik diantaranya dari partai Garuda dengan inisial oknum caleg yakni B dan R yang merupakan dari temuan panwascam Tanjungpinang Timur serta satu lagi dari partai Gerinda dengan inisial M. Modus pada money politik itu pada saat ditemukan oknum caleg tidak memberikan secara langsung namun mereka menggunakan oknum orang lain.

“Dua berkas sudah kita pegang dan yang satu lagi baru terjadi tadi malam semuanya sedang kita proses,” jelasnya.

Menurutnya, untuk money politik pihaknya tidak mengampuni itu dikarenakan dari jauh-jauh hari pihaknya sudah melakukan upaya pencegahan untuk money politik bahkan untuk money politik ini paling terberat dan terjadi di massa tenang.

“Atas kejadian ini para pelaku di ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara dan denda 36 juta,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here