Bawaslu Tindak Tegas Money Politics

0
123
Muhamad Zaini Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang dan Komisioner, bersama jajaran Panwaslu Kecamatan, Kelurahan & Sekretariat foto bersama. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Selain pelanggaran pidana pemilu dengan sanksi tegas, money politic menjadi musuh sosial semua pihak karena merusak mentalitas.

Bawaslu Kota Tanjungpinang gerak cepat cegah, awasi dan tindak money politic untuk menegakkan keadilan pemilu.

Bawaslu sudah investigasi dengan mengamankan 2 barang bukti, saat ini tahap penyelidikan dan klarifikasi terhadap 1 caleg, 1 tim sukses dan 6 saksi terkait dugaan money politic berupa pembagian uang dan minuman kemasan botol dalam kegiatan kampanye tatap muka, dari Partai Oke di Dapil 4 Kecamatan Baru, sesuai UU 7 Tahun 2017, terduga terancam 2 tahun penjara, denda 24 juta dan diskualifikasi.

Pernyataan di atas disampaikan Ketua Bawaslu dalam hanya kegiatan simulasi penanganan penindakan dugaan pelanggaran money politic, sempena kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Investigasi dan Penguatan Kapabilitas Pengawas bagi Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan dan Kepala Sekretariat Se-Kota Tanjungpinang. Pelatihan simulasi digelar selama dua hari (4-5/12), di Hotel BBR Tanjungpinang, lalu.

Zaini menjelaskan dalam kegiatan tersebut jajaran pengawas memainkan berbagai peran simulasi layaknya sebuah peristiwa nyata dugaan money politik serta upaya pengawasan dan penindakannya.

”Bimtek tersebut untuk meningkatkan pemahaman konseptual dan kemampuan teknis praktis bagi jajaran pengawas, sehingga mampu mengaktualisasikan ketentuan peraturan dalam pengawasan dan penindakan pelanggaran terhadap berbagai dugaan pelanggaran, terutama terhadap praktek money politic,” tutur Zaini.

Selain Komisioner Bawaslu, turut menjadi narasumber dan mentor dari dalam kegiatan tersebut unsur Sentra Gakkumdu, Kepolisian dan Kejaksaan.

Diharapkan para pengawas semakin propesional dalam melakukan investigasi, teknik klarifikasi, menghimpun barang bukti dan alat bukti, implementasi alur penanganan pelanggaran, serta berbagai bentuk pidana pemilu yang dijelaskan dalam Perbawaslu 7 Tahun 2018. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here