Bayi Wajib Minum ASI Minimal Enam Bulan

0
263
Noor Lizah menggendong bayi saat meresmikan Pojok ASI di Pelabuhan Sri Tanjung Gelam, Kabupaten Karimun, Selasa (30/1). F-istimewa/humas pemprov kepri

KARIMUN – Hj Noor Lizah Nurdin Basirun menginginkan generasi penerus Kepri tumbuh sehat, kuat dan cerdas. Pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif hingga enam bulan pada bayi sangat penting agar Kepri mendapatkan generasi emas cemerlang.

”Program ASI ini sangat erat hubungan dengan kualitas generasi muda kita di masa depan. Merekalah harapan bangsa dan yang akan membangun daerah ini, Karimun khususnya,” kata Noor Lizah saat meresmikan Pojok ASI di Pelabuhan Sri Tanjung Gelam, Kabupaten Karimun, Selasa (30/1).

Noor Lizah sangat mendukung keberadaan Pojok ASI di Pelabuhan Sri Tanjung Gelam ini. Terlebih pelabuhan ini yang menghubungkan Karimun dengan pulau-pulau lainnya. Banyak masyarakat termasuk kaum ibu yang menyusui memanfaatkan pelabuhan ini untuk berbagai aktivitas.

Menurut Noor Lizah, salah satu kendala yang sering muncul bagi ibu yaitu rasa tak nyaman saat harus menyusui di tempat umum. Karena itu, dengan diresmikannya Pojok ASI ini, para ibu menyusui merasa aman.

”Kita juga harus mendorong agar para ibu memberikan ASI kepada bayinya. Karena pentingnya ASI eksklusif bagi bayi hingga minimal 6 bulan agar daya tahan tubuh bayi lebih kuat dan sehat,” Noor Lizah terus mengingatkan

Pemprov Kepri, kata Noor Lizah malah menjamin terpenuhi hak-hak anak agar dapat hidup tumbuh dan berkembang dengan Perda Nomor 7 tahun 2010. Perda ini tentang pemberian ASI EksKlusif dan IMD (Inisiasi Menyusui Dini)

Dengan ini, kata Noor Lizah, pemerintah mengikutsertakan sarana pelayanan tempat- tempat umum instansi pemerintah dan swasta untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan ASI eksklusif. Semua pihak diajak terus memberi dukungan moral kepada ibu yang melahirkan untuk memberikan ASI eksklusif.

Tampak hadir pada kesempatan itu sejumlah pengurus Tim Penggerak PKK Kepri dan TP PKK Karimun. Hadir juga Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Karimun, Faisal.

Faisal menyebutkan, peresmian penggunaan Pojok ASI ini adalah bertujuan untuk mendukung dan melindungi pemberian asi bagi bayi. Ini semua untuk pemenuhan hak anak di bidang kesehatan.

Ruang Pojok ASI di Sri Tanjung Gelam ini mempermudah para ibu memberikan asi ketika bayinya membutuhkan minuman dan makanan. (mas/ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here