Baznas Gelar Sosialisasi ke Pengurus UPZ

0
126
PIHAK Baznas Anambas ketika memberikan pembekalan bagi pengurus UPZ Anambas. F-ISITMEWA

ANAMBAS – Badan Ami Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), menggelar kegiatan pembekalan dan sosialisasi Zakat bagi pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid dan Surau Kecamatan Siantan dan Siantan Selatan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan Zakat, Infak dan Sedekah khususnya di wilayah Kecamatan Siantan dan Siantan Selatan.

Wakil Bupati Kepulauan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Wan Zuhendra mengatakan, Zakat merupakan perintah Allah mesti harus disampaikan kepada umat dan perlu kesabaran bagi pengurus UPZ dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang zakat.

”Peran Baznas sangat membantu dalam mewujudkan pencapaian visi misi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas,” ujar Wan, dalam sambutanya di ruang Rapat Balitbangpeda, baru-baru ini.Sementara itu, Ketua Baznas KKA Mustansir mengungkapkan, kegiatan ini merupakan gelombang ke empat dari seluruh rangkaian pembekalan bagi UPZ 118 masjid dan surau se-KKA.

”Kita sudah melakukan pada tanggal 14 Juli 2018 di Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur, tanggal 21 Juli 2018 di Kecamatan Palmatak dan Siantan Tengah, 28 Juli 2018 Kecamatan Siantan Timur,” ungkap Mustansir.

Lebih jauh dia menyampaikan, hal ini merupakan langkah awal dan pihaknya sangat mengapresiasi kepada Pemkab KKA dan peran Kepala OPD dalam rangka peningkatan ZIS untuk menurunkan angka kemiskinan.

Mustansir menyebutkan, untuk saat ini perkembangan pendapatan Baznas Kabupaten Kepulauan Anambas Periode Januari hingga Juni 2018 berjumlah Rp2,448,150,263 yang terdiri dari zakat berjumlah Rp607,018,275, Infaq atau Sedekah berjumlah Rp9,182,098, Zakat Fitrah berjumlah Rp1,201,938,250, Infaq Masjid atau Surau berjumlah Rp630,012,000.

”Kita akan terus bersinergi dengan program-program Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, dan mengajak kepada seluruh stake holder untuk bahu membahu dalam meningkatkan ZIS,” tutupnya.

Selain Wakil Bupati KKA Wan Zuhendra, kegiatan itu juga dihadiri oleh Plt Kepala Balitbangpeda, Kpela Kantor Kemenag KKA, Danlanal Tarempa, Danramil Siantan, Ketua MUI KKA, Kepala Bakesbangpol dan PB, Kabag Bina Kesra, Kabag Bina Ekonomi, Camat Siantan, Camat Siantan Selatan, Camat Siantan Timur dan seluruh Pengurus UPZ Masjid dan Surau Kecamatan Siantan dan Siantan Selatan. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here