BBPJS-RSAB Kembali Kerja Sama Layani Warga

0
461
Noorlizah Nurdin saat mengunjungi pasien bayi usus terburai di RS Awal Bros Batam, baru-baru ini. f-istimewa/humas pemprov kepri

BATAM – Setelah lebih satu tahun tidak melayani pengguna BPJS, kini Rumah Sakit Awal Bros (RSAB), membuka layanannya untuk peserta BPJS. BPJS Kesehatan kembali menjalin kerja sama dengan RSAB, sebagai fasilitas kesehatan tingkat lanjut untuk memberikan pelayanan kepada peserta jaminan kesehatan nasional-kartu Indonesia sehat (JKN-KIS).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam, Zoni Anwar Tanjung mengatakan, pelayanan sudah dibuka sejak beberapa hari lalu. Tepatnya, mulai 26 Maret 2018. Dengan demikian, warga yang menjadi peserta JKN-KIS sudah bisa berobat ke RSAB.

”Ini dilakukan dalam rangka perluasan kerjasama fasilitas kesehatan untuk meningkatkan aksesibilitas dan kecukupan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS di Batam,” katanya.

Dibeberkannya, pelayanan kesehatan di RS Awal Bros memiliki fasilitas kesehatan tingkat pertama. Sehingga, rujukan ke RS Awal Bros dengan memperhatikan kondisi medis peserta, ketersediaan sarana dan tenaga medis serta jarak atau kondisi geografis. ”Di RSAB, warga dengan memperhatikan hal itu, akan mendapat pelayanan rawat jalan tingkat lanjutan (RJTL),” sambungnya.

RJTL itu meliputi pelayanan Poli Umum, Poli Gigi, Poli Penyakit Dalam, Poli Bedah, Poli Anak, Poli Kebidanan dan Kandungan, Poli Bedah, Poli Mata, Poli THT-KL, Anastesi, Radiologi, Saraf, Urologi dan lainnya.

Sementara peserta yang mendapat jadwal dan pelayanan di rumah sakit mitra utama BPJS, tidak bisa dirujuk ke RASB. ”Peserta JKN-KIS yang telah mendapatkan jadwal dan pelayanan hemodialisa pada RS atau klinik utama mitra BPJS Kesehatan tidak dapt dirujuk ke RS Awal Bros. Yang dapat dirujuk hanya peserta yang belum mendapatkan jadwal pelayanan hemodialisa. Demikian dengan peserta JKN-KIS butuh pelayanan fisiotherapi yang masih dalam episode perawatan di RS,” katanya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here