BC Amankan 5.000 Hape Xiaomi

0
691
DIAMANKAN: BC Karimun mengamankan speedboat yang membawa sekitar 5.000 unit hape Xiaomi di perairan Batam. F-istimewa

Tekong dan ABK Speadboat Kabur

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Wilayah Khusus Kepri di Tanjungbalai Karimun, berhasil mencegah satu unit speedboat bermuatan handphone merek Xiaomi dengan jumlah sekitar 5.000 pisis, Sabtu (19/8).

KARIMUN – Speedboat tersebut berhasil ditegah kapal Patroli BC 1305 di laut. ”Saat diperiksa, tidak ditemukan dokumen muatan resmi. Untuk sementara belum diketahui berapa nilai barang dan jumlah barang tersebut,” kata Parjiya, Kakanwilsus DJBC Kepri, kemarin. Informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, speedboat dicegah saat melintas di perairan Pulau Kepala Jeri, Batam.

Saat itu, kapal patroli sedang melakukan pengintaian terhadap speedboat yang menggunakan dua mesin dengan kekuatan masing-masing 200 PK. Mengetahui dikejar petugas, tekong speedboat melaju ke daratan pulau yang ada di sekitar Kepala Jeri dan kemudian mengkadaskan speedboat miliknya.

Setelah sampai di darat, tekong beserta kru speedboat melarikan diri. Sempat dilakukan pencarian oleh personel BC, namun tekong dan kru speedboat tersebut tidak ditemukan.
Setelah dilakukan pemeriksan, terdapat ratusan kotak yang dibungkus menggunakan plastik hitam berisi ponsel android merek Xiomi. Jumlah ponsel tersebut mencapai ribuan unit. Pemilik barang belum diketahui, karena tekong kapal berhasil melarikan diri.

Diduga kapal dan barang berhasil dibawa dari Singapura dengan modus terlebih dahulu singgah ke Batam sebelum dibawa ke arah Riau. Informasi di lapangan, muatan speedboat tersbeut hape merek Xiomi jumlah sekitar 5.000 ribu lebih. Barang bukti berupa kapal dan muatan ditarik ke Dermaga Ketapang Kecamatan Meral Kanwil DJBC Kepri. Saat ini barang bukti SB dan muatan sudah berada di Dermaga Ketapang Kanwil DJBC Kepri.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here