BC Amankan 70 Ton Beras Pulut Thailand

0
584
KAPAL KM R1 bermuatan beras pulut asal Thailand, diamankan di dermaga Kanwil DJBC Khusus Kepri di Tanjung Balai Karimun. F-ISTIMEWA

Tim kapal patroli Bea dan Cukai dari Kanwil DJBC Khusus Kepri, belum lama ini berhasil mencegah kapal bermuatan beras pulut asal Thailand yang hendak dibawa ke Sumut.

KARIMUN – ”Kami melakukan pencegahan kapal kayu berbendera Indonesia asal Thailand. Setelah diperiksa, kapal itu diketahui bernama kapal KM R1 dengan kru 5 orang dan 1 orang nakhoda kapal. Saat diminta menunjukkan dokumen, nakhoda kapal tidak dapat memperlihatkan dokumen kepada petugas patroli,” kata Rusmanhadi, Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri, Minggu (11/2) kemarin.

Untuk pemeriksaan lanjutan, kapal berserta muatan dan kru kapal diamankan. Rusmanhadi menjelaskan, bahwa juru mudi kapal langsung dikuasai anggota patroli dan mengarahkan haluan kapal ke Tanjung Balai Karimun.

Setelah diamankan, seluruh awak kapal telah diserahkan kepada bidang penyidikan dan barang bukti. Hasilnya didapati, sedikitnya beras pulut sebanyak kurang lebih 70 ton.

Ia mengatakan, nakhoda kapal mengakui barang dimuat tanpa dilengkapi dengan dokumen Kepabeanan dari Thailand menuju Sei Padang Sumatera Utara. Sehingga, kapal yang ditegah beserta awak kapal sudah sandar di pangkalan Kanwil DJBC Khusus Kepri.

Modusnya, kapal berusaha mengelabui petugas dan mencari perairan alternatif lain untuk membawa barang ilegal ke kawasan wilayah Pabean Indonesia.

Cuaca yang tidak bersahabat, lanjut Rusmanhadi, tidak membuat pelaku penyelundupan membawa barang tanpa dokumen. ”Hal yang sama, dilakukan tim kapal patroli meskipun cuaca di laut kurang bersahabat dan tetap bertugas di laut,” tegas Rusmanhadi.

Menurutnya, disparitas atau perbandingan harga beras pulut yang tinggi membuat pelaku berusaha memasukkan pulut dengan cara ilegal. Dengan maksud meraih untung yang berlebihan, jika berhasil masuk dapat merugikan petani dalam negeri dan harga beras pulut dalam negeri menjadi anjlok.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here