BC Amankan Ratusan Mikol

0
392
PETUGAS Bea dan Cukai memeriksa karung berisi pakaian bekas yang baru dicegah pada pekan lalu dari perairan Puakang, Karimun. F-ISTIMEWA

Tim kapal patroli Bea dan Cukai dari KPPBC TMP-B Tanjungbalai Karimun melakukan pencegahan ratusan botol minuman beralkohol (Mikol) dan pakaian bekas, Senin (19/3).

KARIMUN – Guna pemeriksaan lanjutan, barang bukti tegahan telah diamankan di gudang penyimpanan barang bukti. Humas KPPBC TMP-B Tanjungbalai Karimun Bagus mengungkapkan, penegahan dilakukan di Perairan Kolong.

Tim pencegahan dan penindakan terhadap barang kena cukai, berupa 144 botol golongan B merek Columbus (whisky), 96 botol golongan B merek Columbus (Vodka), 120 botol Golongan B merek Mc Donald, 60 botol golongan B merek Topi Miring serta 60 case golongan A merek Carlsberg.

Penindakan itu karena adanya pelanggaran terhadap UU No. 39 Tahun 2007 perubahan UU No. 11 Tahun 1995 tentang Cukai Pasal 66 ayat 1 jp PP No. 10 Tahun 2012 tentang Perlakuan Kepabeanan, Perpajakan, Dan Cukai Serta Tata Laksana Pemasukan dan Pengeluaran Barang ke dan dari serta Berada di Kawasan yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Pasal 17 ayat (3).

”Peredaran barang-barang ilegal tersebut di pasar bebas akan berakibat timbulnya kerugian baik secara materil maupun immateril. Secara materil, peredaran barang ilegal akan mengganggu potensi penerimaan dari sektor cukai yang dibebaskan. Adapun secara immateril, kerugian yang ditimbulkan antara lain berupa terganggunya moral dan kesehatan masyarakat serta terjadinya kerusakan lingkungan. Perkiraan nilai barang yakni Rp 13.080.000, dan potensi kerugian negara Rp 7.920.000,” sebut Bagus.

Kemudian Rabu (14/3) Maret 2018 di lokasi Perairan Puakang, kembali melakukan penegahan terhadap barang laranganberupa 505 karung yang diduga pakaian bekas ke dalam daerah pabean.

Diduga terjadi pelanggaran terhadap pasal 102 huruf a j.o pasal 103 huruf d Undang Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1995, tentang kepabeanan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here