BC Amankan Sabu Asal Malaysia

0
523
PELABUHAN Feri Internasional Tanjungbalai Karimun f-DOKUMENTASI/TANJUNGPINANG POS

Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Tanjung Balai Karimun mengamankan narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 3 paket seberat 178 gram, Selasa (30/1) kemarin.

KARIMUN – Paket narkoba itu, diamankan dari salah seorang penumpang kapal feri asal Malaysia yang hendak dibawa ke Pulau Sumbawa.

”Benar, kami mengamankan Ln (50) warga Negara Indonesia dari Pelabuhan Feri Internasional Tanjung Balai Karimun pada Selasa (30/1) sore. Dari Ln ditemukan barang bukti 3 paket besar narkoba diduga jenis sabu, setelah ditimbang seberat 178 gram,” kata Benhard Sibarani, Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean B TB Karimun, Rabu (31/1) siang.

Pelaku mencoba memasukkan narkoba ke Indonesia, dengan cara menyimpan di dalam anus. Setelah diperiksa lebih lanjut, ditemukan tiket kapal MV Putra Maju 8 serta uang tunai sebesar Rp 336.500 dan uang tunai RM 11 serta dua unit hape.

Benhard menerangkan, Ln bermaksud hendak pulang ke Sumbawa dengan membawa sabu-sabu itu. Ia mengaku mendapat barang haram tersebut dari Mad yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Mad berada di Malaysia, dan menjanjikan upah sebesar Rp 10.000.000 jika berhasil membawa barang tersebut ke Pulau Sumbawa. Kemudian, pengakuan Ln dikembangkan guna mencari keberadaan Mad tetapi tidak membuahkan hasil.

Untuk kemudahan proses penyidikan lebih lanjut. Penyidik Bea dan Cukai menyerahkan barang bukti berikut pelaku Ln kepada Sat Resnarkoba, termasuk melakukan pengembangan jaringan pengedar narkoba asal Malaysia.

”Berkas pelimpahan berupa barang bukti, terduga pelaku telah diserahkan ke kami,” kata AKP Nendramadyatias, Kasat Resnarkoba Polres Karimun, di saat bersamaan menerima pelimpahan berkas perkara narkoba jenis ganja dari Polsek Kundur Utara. Nendra mengungkapkan, ganja ditemukan warga di Pantai Kobel yang sedang mencari barang bekas.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here