BC dan Kastam Patroli Bersama

0
788
BERI ARAHAN: Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi dan Perwakilan Kastam Diraja Malaysia memberikan arahan operasi Patkor Kastima di Kanwil DJBC Khusus Kepri, Karimun, Kamis (7/9). F-ISTIMEWA

KARIMUN – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai bersama Kastam Diraja Malaysia (KTM) melaksanakan patroli bersama di Selat Malaka mulai hari ini. Kegiatan tersebut, yakni Operasi Patroli Terkoordinasi Kastam Indonesia Malaysia (Patkor Katima) selama 30 hari ke depan. ”Patkor Kastima ke-23 dibuka resmi Direktur Jenderal dan Bea dan Cukai (DJBC) Heru Pambudi, disaksikan pihak KTM dan ikuti pasukan Customs dan KTM untuk menjaga perairan Selat Malaka sebagai jalur perdagangan dunia,” kata Heru Pambudi, Dirjen Bea dan Cukai, Kamis (7/9).

Heru Pambudi menjelaskan, Patkor Kastima bukti eratnya hubungan bila teral dalam bidang kepabeanan dan cukai yang terbangun sejak tahun 1994. Menurutnya, operasi yang melibatkan dua negara serumpun sangat penting dan strategis terutama bagi kondisi geografis Selat Malaka yang merupakan salah satu jalur perdagangan di dunia.  ”Untuk mendukung operasi ini, KTM mengerahkan 9 kapal patroli yang menjaga perairan Langkawi sampai Johor. Sementara, Bea dan Cukai mengerahkan 10 kapal patroli cepat. Kapal tersebut akan beroperasi, mulai dari Kuala Langsa sampai perairan Bintan atau wilayah Barat,” sebut Heru.

Patroli ini merupakan bagian dari peningkatanpengawasan, dan penegakan hukum di laut secara nasional untuk meningkatkan sinergitas koordinasi dengan semua pihak. Ia menambahkan, pelaku penyelundupan selama operasi Patkor Kastima dalam 2 tahun terakhir mengalami peningkatan. Tahun 2015 didapati 15 kasus, pada tahun 2016 mengalami peningkatan mencapai 32 kasus. Salah satu fokus yang menjadi incaran selama melaksanakan operasi adalah, persoalan masuknya narkoba dari malaysia, makanan, pakaian bekas dan lainnya (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here