Bekali Keahlian Siswa Disabilitas

0
272
PLT Gubernur Kepri H Isdianto menggunting pita saat meresmikan Gedung Baru SLBN 1 Tanjungpinang di Jl. Kijang Lam, Km.7 Tanjungpinang, Senin (27/1). f-istimewa/humas pemprov kepri

Gedung Baru SLBN 1 Tanjungpinang Diresmikan

Siswa penyandang disabilitas atau Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Provinsi Kepri harus dibekali dengan keterampilan dan keahlian di berbagai bidang.

TANJUNGPINANG – PESAN ini disampaikan Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto kepada guru-guru pengajar Sekolah Luar Biasa (SLB) saat menyampaikan kata sambutan di acara Peresmian Gedung Baru SLBN 1 Tanjungpinang di Jl. Kijang Lam, Km.7 Tanjungpinang, Senin (27/1).

Isdianto mengatakan, anak-anak ini butuh keahlian khusus agar memiliki pekerjaan dan bisa menyambung hidup mereka di masa depan.

Ia juga mengatakan, bahwa pemerintah akan terus mendukung perkembangan para anak didik di SLB.

Hal ini agar mereka tumbuh menjadi anak-anak terampil dan berkompeten sehingga memiliki kesempatan yang sama dengan anak-anak biasa pada umumnya.

”Pemerintah akan selalu di belakang ibu dan bapak guru yang mendidik anak-anak kita yang luar biasa ini. Adalah hal wajib bagi pemerintah untuk memberikan perhatian bagi dunia pendidikan, tak terkecuali pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus di SLB ini,” kata Isdianto.

Baca Juga :  Jumlah per Kelas Maksimal 32 Siswa

Isdianto pada kesempatan ini mengaku kagum dengan keterampilan dan keahlian yang ditunjukkan oleh para murid SLB. Menurut Isdianto keterampilan dan keahlian ini agar terus diasah dan diarahkan oleh para guru di SLB sehingga mereka ketika lulus nanti memiliki sesutau yang bisa jadi modal untuk hidup di masa mendatang.

”Terimakasih para pendidik yang telah mengajarkan anak-anak luar biasa ini. Tadi saya lihat ada yang bisa ngaji, ada yang bisa nyanyi, ada yang bisa baca doa, tampil menari tari persembahan dan lainnya. Tentunya ini harus kita arahkan mereka agar biasa menjadi anak-anak yang terampil walau memiliki keterbatasan,” kata Isdianto.

Kepada para tenaga pendidik, Isdianto berpesan agar terus berinovasi dan selalu sabar dalam melaksanakan proses pembelajar bagi anak-anak hebat ini karena mereka juga merupakan generasi penerus yang perlu mendapatkan pendidikan yang layak.

Baca Juga :  Ratusan Pelajar Raudatul Athfal Berzikir

”Terus didik anak-anak kita ini, berikanlah mereka motivasi agar tumbuh rasa percaya diri pada diri mereka. Kembangkan terus kreativitas mereka dan mengajarlah dengan ikhlas dan sabar dengan suasana kekeluargaan,” ucapnya.

Pada kesempatan ini Isdianto juga berjanji akan memberikan kesempatan yang lebih besar lagi kepada anak-anak disabilitas untuk bekerja dan mengabdi di Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau, disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

”Saat ini pemerintah telah menerima beberapa anak difabel untuk bekerja di beberapa kantor dan dinas di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri. Ke depannya kita berharap persentasenya semakin bertambah agar mereka dapat mengabdi dan membantu kemajuan Kepri,” tutup Isidanto.

Sementara itu Kepala Sekolah SLB Negeri 1 Tanjungpinang, Kalisni dalam sambutannya melaporkan bahwa sekolah ini pada tahun 2019 yang lalu mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk dana pembangunan.

Baca Juga :  Optimis 2020 Seluruh Sekolah Berbasis UNBK

”Terimakasih kami ucapkan kepada Plt. Gubernur dan Dinas Pendidikan yang telah memberikan bantunnya. Adapun bantuan tersebut kami gunakan untuk membangun ruang kelas baru, ruang UKS, penambahan kanopi serta memperbaiki dan memperindah gerbang sekolah. Terimakasih atas perhatian pemerintah untuk SLB,” ujarnya.

Memanfaatkan kesempatan ini, Kalisni juga menyampaikan bahwa SLB Negeri 1 Tanjungpinang yang saat ini memiliki 195 murid sedikit kewalahan karena memiliki keterbatasan tenaga pengajar yang hanya 35 orang.

Oleh karena itu dirinya meminta penambahan guru, agar proses belajar dan mengajar di SLB lebih optimal. (MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here