Belajar Bahasa Mandarin dan Kaligrafi Taiwan

0
532
BELAJAR KALIGRAFI: Maemona foto bersama pengajar kaligrafi di Kaohsiung, Taiwan setelah mengikuti kelas bahasa mandarin. F-ISTIMEWA

TAIWAN – Suhu di Kota Kaohsiung berkisar 18 derajat celcius. Sehingga, mahasiswi dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Maemona Latifah beserta rombongan dari Universitas Internasional Batam (UIB) harus mengenakan jaket dua lapis.

Mereka sedang mengikuti program kelas singkat di Universitas IShou, Taiwan. Maemona dan rombongan sebelum memulai rangkaian, menikmati sarapan pagi di kota itu.

Setelah itu, pada pukul 09.00 WIB akan belajar materi Chinese Class hingga pukul 12.00 WIB. Program tersebut belajar bahasa mandarin. ”Pada kelas itu, kami belajar seperti pengulangan pelajaran yang kemarin. Selain itu, ada penambahan materi baru seperti pengenalan diri, berhitung, membaca uang taiwan yakni yuan,” sebut Maemona, dari Kaohsiung, Minggu (24/12) kemarin.

Menurutnya, pelajar yang diberikan masih ringan. Namun, untuk mengucapkan dalam berbahasa mandarin memerlukan kebiasaan. Tetapi, semua materi perlu kesabaran dan kerajinan untuk terus dipahami. Setelah itu, ia dan rombongan memasuki pada materi kedua yakni belajar kaligrafi Taiwan. Materi tersebut, dimulai dari pukul 14.00 hingga pukul 16.00 WIB waktu setempat.

”Kami diajarkan cara menulis kaligrafi shio, seperti monyet, kelinci, kuda, naga, ayam dan sebagainya,” ungkap Maemona.

Pada materi kelas itu, dipastikan memahami cara memegang kuas yang benar. Jka menguasai cara memegang kuas, diyakini akan menghasilkan goresan yang baik dan memiliki estetika seni yang enak dipandang.

Meski suasana suhu sedang dingin, di Kaohsiung namun tak menyurutkan
niat belajar. ”Cuaca yang dingin kadang membuat rombongan harus menggunakan jaket tiga lapis,” paparnya.

“Rencananya, di selasela waktu belajar, rombongan juga akan pergi ketempat wisata. Diantaranya taman hiburan dan beberapa lainnya. Ia menambahkan, pada hari itu, ia dan rombongan diajak treveling dan berkeliling E-DA Theme Park. Taman hiburan yang ada di Kaohsiung, dan disana ada berbagai macam wahana permainan yang menantang dan juga menyenangkan. Ini menjadi pengalaman menarik. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here