Belajar Langsung dari Pengusaha

0
809
BELAJAR: Pengusaha diler Yamaha Piter (kiri), saat sesi tanya jawab dengan mahasiwa STTI tentang bagaimana menjadi pebisnis yang sukses. F-Adly bara / TANJUNGPINANG POS

Tanjungpinang – MAHASISWA Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia (STTI) Tanjungpinang belajar kewirausahaan ke diler motor Yamaha Tanjungpinang.

Rombongan mahasiswa mendatangi diler motor Yamaha Malaka Abadi di Jalan DI Panjaitan Kilometer 9, Rabu (8/3).

Dosen kewirausahaan STTI Tanjungpinang Mulyadi Tan menyebutkan, setiap bulannya mahasiswa mendapatkan ilmu kewirausahaan langsung dari seorang pengusaha.

”Kami programkan setiap bulannya untuk mendatangkan seorang pengusaha sukses untuk mengisi materi di kampus,” tenangnya.

Tidak hanya mendatangkan, ia mengatakan sesekali mahasiswa diajak langsung ke tempat usaha milik dari seorang pengusaha itu.

Tujuannya, untuk memberikan motivasi dengan belajar langsung kepada pengusaha agar mahasiswa memperoleh ilmu. Karena, berharap kelak bisa menjadi seorang pengusaha.

”Kali ini saya ajak mahasiswa menemui pak Piter, pemilik diler motor Yamaha Malaka Abadi untuk berdialog tentang membangun usahanya,” jelasnya.

Piter sebagai pemilik diler Yamaha Malaka Abadi senang menyambut kedatangan mahasiswa di diler miliknya, sebagai rangkaian kegiatan belajar STTI.

”Menjadi seorang pengusaha harus cermat melihat peluang, mampu mengangkat daya jual, serta terus belajar di setiap kegagalan,” ujar Piter, yang pernah berpengalaman 8 tahun di perusahaan pendanaan (Finance).

Awalnya ingin jualan nasi goreng setelah berhenti dari perusahaan pendanaan itu, Piter akhirnya mendapatkan peluang dari eks perusahaannya.

”Saat itu perusahaan saya juga sebagai pendana untuk pemasaran motor Yamaha, dan ketika itu Yamaha ingin membuka diler penjualan di Tanjungpinang,” katanya.

Ia pun dengan cepat merespon peluang itu, dan kini Yamaha Malaka Abadi menjadi telah menjadi Sub Diler Yamaha terbesar di Tanjungpinang dan Bintan.

Mahasiswa pun mendapatkan pengalaman berharga, dengan memperoleh cerita pengalaman bagaimana membangun sebuah usaha menjadi sukes lewat sesi tanya jawab.

”Jadi pengusaha harus gila, dan gila ini bukan arti yang sebenarnya serta memiliki kemauan keras dan terus belajar,” ungkapnya.

Di penghujung acara kunjungan, Piter mengajak rombongan mahasiswa meninjau langsung proses penjualan motor di dealer miliknya serta melihat langsung proses perawatan sepeda motor dilini servis diler.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here