Belanja Pegawai Melebihi Rp 386 Miliar

0
571
BUPATI Bintan H Apri Sujadi didampingi Wakil Bupati H Dalmasri Syam, disaksikan Sekda Adi Prihantara menyerahkan DPA kepada Kepala PMD Ronny Kartika dan pimpinan OPD lainnya, Senin (8/1) kemarin.F-ISTIMEWA/kominfo bintan

Bupati dan Pimpinan OPD Teken Fakta Integritas APBD 2018

BINTAN – BELANJA pegawai di lingkungan Pemkab Bintan melebihi Rp 386 miliar, pada tahun anggaran 2018 ini, dari total belanja daerah Rp 1,056 triliun. Sedangkan untuk belanja pembangunan yang tertuang dalam belanja langsung APBD 2018 Bintan, melebihi Rp 574,2 miliar.

Rincian anggaran belanja di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu, sudah diserahkan Bupati Bintan H Apri Sujadi kepada 28 pimpina OPD dan 10 camat se-Kabupaten Bintan, Senin (8/1) kemarin. Penyerahan sekaligus penandatanganan fakta integritas Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) APBD tahun anggaran 2018 di Aula Kantor Bupati Bintan tersebut, dihadiri Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam dan Sekda Adi Prihantara.

Selain belanja pegawai pada pos belanja tidak langsung yang melebihi Rp 386 miliar, tahun 2018 ini Pemkab Bintan kembali memprioritaskan pembangunan infrastruktur, bidang pendidikan dan kesehatan. Untuk bidang pendidikan, Dinas Pendidikan Bintan dialokasikan sebesar Rp 223 miliar.

Baca Juga :  Masyarakat Wajib Lindungi Anak

Untuk bidang infrastruktur yang dikelola Dinas PUPR berkisar Rp 83 miliar. Sedangkan pada Dinas Perkim, anggaran yang disediakan melebihi dari Rp 90 miliar. Untuk bidang kesehatan, pada Dinas Kesehatan berkisar Rp 120 miliar. Namun, beberapa OPD lain juga mengalokasikan dana untuk bidang kesehatan.

”Untuk anggaran bidang pendidikan, lebih dari 20 persen dari total belanja. Untuk bidang kesehatan di atas 10 persen. Itu sudah sesuai dengan ketentuan,” kata H Apri Sujadi, Bupati Bintan menjawab Tanjungpinang Pos, usai penyerahan DPA kepada OPD dan camat, kemarin.

Baca Juga :  Zaskia Gotik Pukau Bupati dan Warga Bintan

Bupati berharap agar seluruh Kepala OPD dan camat yang menandatangani fakta integritas, dapat menjalankan kinerja dan amanah yang diberikan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta bersinergi dengan staf pegawai dalam menjalankan pembangunan ke depan.

”DPA sudah kita serahkan. Secepatnya lah kegiatan tahun anggaran 2018 ini dilelang. Agar semuanya selesai tepat waktu, sebelum habis tahun anggaran 2018,” tegasnya.

Menurut bupati, persentase belanja pegawai, tahun ini kecil dibandingkan sebelumnya. Belanja tidak langsung itu berkisar Rp 491 miliar, dari jumlah ini Rp 386 miliar belanja pegawai.

”Rp 386 miliar itu sudah masuk gaji, tunjangan ASN dan insentif honorer. Sedangkan belanja langsung untuk pembangunan itu Rp 574,2 miliar,” sambung H Apri Sujadi.

Baca Juga :  DPMPTSP-TK Bintan Dapat Investment Award 2018

Selain penandatanganan fakta integritas dan Penyerahan DPA TA 2018 , Bupati Bintan H Apri Sujadi melakukan penandatangan kerja sama dengan bank Jawa Barat Banten (BJB) yang diwakili oleh Kepala Divisi Kredit Retail dan Konsumer BJB Triastoto Hardjanto Wibowo.

Penandatangan didampingi Kepala Bank BJB Batam, Ahmad Faisal. Kerja sama ini untuk memfasilitasi dan kontribusi bagi perkreditan para pegawai di lingkungan Pemkab Bintan. Ke depannya, BJB bisa menyediakan kreditur bagi pengusaha ekonomi kreatif pelaku UMKM di Bintan.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here