Belasan Proyek Besar Masuk Proses Lelang

0
458
SEJUMLAH pekerja saat memasang kerangka besi ketika mengerjakan proyek pembangunan jalan di Pulau Dompak, belum lama ini. f-suhardi/tanjungpinang pos

DOMPAK – Kepala Biro Administrasi Layanan Pengadaan (ALP) Pemprov Kepri, Misbardi menyampaikan, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah membeberkan Sistem Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) proyek yang pengerjaannya membutuhkan waktu lama atau proyek multiyears ke Unit Layanan Pengadaan (ULP).

”Sudah ada sekitar sembilan belas paket yang sudah masuk. Masing-masing Dinas PU, Dinas Perhubungan, RSUD, Perkim bahkan Biro Umum,” jelas Misbardi kepada Tanjungpinang Pos di kantor Gubernur Pulau Dompak, Selasa (9/1) kemarin.

Termasuk salah satu diantaranya, proyek penataan Gurindam 12 seperti penataan Kawasan Teluk Keriting sudah masuk di daftar lelang proyek fisik yang masuk dalam kategori proyek lelang Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim), dan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPP) Pemprov Kepri.

Misbardi juga menyampaikan, dirinya tidak yakin bahwa lelang proyek fisik seperti yang diminta Gubernur H Nurdin Basirun harus sudah selesai dilaksanakan awal tahun 2018 ini.

Hal itu karena pengaruhnya masalah anggaran yang sejak dari awal belum masuk pada keseluruhan. Jadi dikerjakan secara bertahap yang mana harus sesuai dengan prioritas dan jangka waktu pelaksanaannya.

”Kita harapkan lelang proyek yang masuk lebih awal ini, proyek yang jangka waktu pelaksaannya lama,” beber Misbardi.

Bahkan tidak hanya prioritas, kegiatan yang membutuhkan waktu lama, melainkan juga kegiatan rutin yang memang untuk setiap tahun, juga kegiatan strategis yang menjadi atensi gubernur, dan harus disegerakan.

”Jadi tidak semua itu masuk Januari, kalau masuk Januari, kewalahan APBD kita,” terangnya.

”Bahkan proyek pelabuhan, sudah mulai dilelang,” timpalnya.

Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Kepri Brigjend Jamhur Ismail menyampaikan, pihaknya sudah sejak awal Januari lalu menyampaikan hasil rencana paket lelang proyek pelabuhan lanjutan yang sudah dikerjakan pada pertengahan tahun 2017 kemarin.

”Sudah sejak awal Januari sudah kami sampaikan di ULP. Kita berharap segera itu dilelangkan, supaya cepat progres pembangunan dikerjakan,” tambahnya.

Bahkan Kepala Disperkim Pemprov Kepri, Heru Sukmoro menyampaikan, hal yang sama. Bahwa progres pelaksaan lelang proyek khusus penataan kawasan Teluk Keriting sudah masuk dalam ALP Pemprov.

”Proyek penataan Teluk Keriting Tanjungpinang itu pun kita mulaikan tahun ini,” jelas mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Kepri itu. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here