Belasan Sapi Terjual, Stok Masih Ada

0
479
SEORANG pekerja sedang memberikan rumput ke sapi hewan kurban di Jalan Gatot Subroto Km 5 Bawah Tanjungpinang. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Tiga pekan lagi, umat muslim merayakan lebaran haji atau raya kurban (Idul Adha) 1439 hijriah. Meski masih lama, belasan hewan kurban di kandang pedagang ternak sudah terjual. Tapi, masih ada stok sapi dan kambing, bagi yang ingin berkurban.

Rudi Sawir, seorang pedagang hewan kurban di jalan Gatot Subroto, Km 5 Bawah Tanjungpinang, mengatakan, sudah ada warga yang membeli sapi miliknya, sejak dua pekan belakangan ini. Hampir semua pembeli sapi sudah menyerahkan uang tanda jadi.

”Uang tanda jadi tidak kita tentukan berapa besarnya. Mereka kasih uang tersebut untuk tanda jadi, kita terima,” kata Rudi Sawir saat berada di kandang, Minggu (29/7) kemarin.

Rudi Sawir menawarkan harga sapi kisaran Rp 16 juta sampai Rp 35 juta. Pasalnya, setiap sapi berbeda harga. Yang membedakan harga, dilihat dari kecil besar sampai bobot daging sapi tersebut. Sapi yang dijualnya berasal dari daerah Lampung. Rencananya, ia menjual sekitar 50 sapi sampai 60 ekor.

”Tahun 2017 lalu, alhamdulillah kita jual sekitar 70 ekor sapi,” ucap dia.

Dibandingkan tahun 2017 lalu, jumlah sapi yang dijual sekarang berkurang. Alasannya, kondisi ekonomi masyarakat masih terbilang lesu. Sehingga berdampak langsung dengan penjualan sapi.

Kemudian, kata dia, ditambah lagi sudah banyak orang yang menawarkan hingga berjualan hewan kurban. Jadi, makin banyak pilihan masyarakat untuk beli hewan kurban. ”Cukup lah 50 sapi sampai dengan 60 ekor sapi, yang kita jual,” terang dia.

Setelah menerima uang tanda jadi dari pembeli, lanjut Rudi Sawir, pihaknya langsung memberikan label pada sapi tersebut. Label salah satu tanda, bahwa sapi tersebut sudah milik orang alias sudah laku terjual. Label dipasang hingga diikat menggunakan tali berada di sekitar kepala sapi tersebut. Sehingga calon pembeli lain melihat label tersebut.

Peternak lainnya, Agus Wibowo juga menjual hewan kurban di daerah Cikolek, Toapaya. Sapi yang dijual Agus Wibowo ini ada yang berukuran sedang dan ada yang besar. Sapi berukuran besar itu jenis bali. Seekor sapi bali bisa dijual Rp 18 juta. Bahkan, ada yang bobot dagingnya lebih berat lagi.

”Yang bobotnya paling besar, itu bisa kita jual di atas Rp 20 juta. Harga di bawah Rp 18 juta juga ada. Sekarang, kami masih punya stok untuk pembelian hewan kurban,” kata Agus Wibowo, kemarin. (dri/fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here