Belilah Takjil yang Higienis

0
759
CEK TAKJIL: Rustam bersama dengan pegawai dinas kesehatan lainnya turun ke lapangan cek kesehatan takjil.f- ist.dinkes tanjungpinang

Dinkes Turun ke Bazar Takjil  

TANJUNGPINANG – Takjil atau makanan berbuka puasa menjadi menu yang paling dicari masyarakat muslim di bulan Ramadan. Tak heran, menjelang berbuka puasa masyarakat menyemut di pasar takjil.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Pendidikan dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam masyarakat harus membeli takjil yang sehat atau higienis. Pertama masyarakat harus paham, sumber masalah keamanan jajanan takjil itu ada dua hal.

Pertama, apakah makanan takjil yang dijajakan bersih dan higienis. Kedua, apakah makanan takjil yang dijajakan tidak mengandung pengawet, pewarna dan bahan tambahan lainnya yang dilarang.

Baca Juga :  Hasil Curanmor Dijual di Medsos

”Makanan yang sehat tidak mengandung pengawet atau pewarna yang dilarang,” tegasnya.

Kata Rustam, terkait upaya memastikan makanan takjil higienis, maka minimal harus diperhatikan apakah makanan ditempatkan pada wadah yang bersih, ditutup, jauh dari binatang pengganggu.

Seperti lalat, kecoak atau lainnya. Penjaja makanan apakah berpakaian bersih, berperilaku yang bersih dalam mengelola makanan misalnya tidak sambil me rokok, tidak garuk garuk, tidak meludah atau bersin sembarangan dan sebagai nya.

Kemudian, petugas yang ditunjuk akan melakukan kunjungan berkala untuk melihat dan memberikan bimbingan kepada penjaja takjil mengenai kebersihan dan higienis pengelolaan makanan ini.

Baca Juga :  Dirjen Laut Minta Jalan Pelabuhan Moco Diaspal

Ini dilakukan untuk memastikan tidak adanya bahan bahan berbahaya pada makanan takjil, maka Dinas Kesehatan dalam akhir minggu ini akan melakukan pengambilan dan pengujian sample makanan takjil dari kemungkinan adanya bahan berbahaya seperti boraks, formalin, rodamin dan metilen yellow.

”Pilihlah makanan takjil yang dijual di tempat yang bersih, tertutup sehingga tidak terkontaminasi oleh debu maupun serangga pembawa kuman, dan dijual oleh pedagang yang tapi, bersih dan berperilaku higienis,” harapnya.

Ia mengimbau untuk para pedagang takjil. Pilih bahan makanan yang berkualitas, diolah dengan benar, menggunakan bahan bahan yang aman dikonsumsi serta disajikan sesuai standar kesehatan. ”Kita juga minta kepada pedagang, takjil yang dijualnya benar-benar sehat, bersih dan higienis,” harapnya. (bas)  

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here