Belum Ada Parpol yang Daftar Jadi Peserta

0
539
KOTAK SUARA: Petugas KPU Kota Tanjungpinang sedang memeriksa kotak suara saat untuk digunakan di Pemilihan Gubernur Kepri 2015 lalu. F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

Jadwal Pileg Berakhir 16 Oktober 2019

TANJUNGPINANG – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinagn Robby Patria mengatakan belum ada partai politik (parpol) yang mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pemilu Serentak 2019 pada hari keenam pendaftaran, Minggu (8/10). Baik itu parpol peserta Pemilu 2014 maupun partai baru. Pendaftaran sendiri telah dibuka 3-16 Oktober mendatang.

Ada Lima parpol baru itu antara lain Partai Perindo, Partai Berkarya, Partai Idaman, Partai Garuda dan Partai Solidaritas Indonesia. ”Karena persoalan kultur kita, biasanya seperti itu daftar di hari akhir. Kami perkirakan pekan pertama masih belum banyak parpol mendaftar,” kata Robby Patria kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Baca Juga :  KPU Matangkan Debat Publik Terakhir Pilwako

Di akhir pendaftaran, yakni 16 Oktober mendatang KPU akan membuka pendaftaran mulai pukul 08.00 sampai pukul 24.00. Sedangkan hari biasanya, hanya mulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00 saja.

Padahal, KPU sudah jauh-jauh hari memberitahukan pendaftaran calon parpol peserta pemilu. Yang ada, sampai dengan kemarin partai politik melakukan konsultasi, datang ke help desk saja.

Robby menjelaskan, pihaknya telah menyediakan tim untuk membantu kelancaran proses pendaftaran parpol. Dengan begitu, jika ada beberapa parpol yang datang secara bersamaan bisa tetap terlayani dengan efektif.  ”Baru Perindo sudah menelpon panitia ia akan mendaftar besok (hari ini,red) pukul 10 di kantor KPU,” beber Robby.

Baca Juga :  Tunggu Putusan MK, KPU Baru Umumkan Caleg

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Golkar Tanjungpinang Untung Budiawan mengatakan Golkar baru akan mendaftar di KPU, Selasa (10/10). ”Insha Allah kalau tidak rintangan kita baru mau serahkan berkas-berkas Golkar atau mendaftar ke kantor KPU, Selasa ini,” kata Untung.

Siapa saja yang akan mendampinginya saat menyerahkan berkas-berkas yang di minta KPU, kata Untung belum diputuskan partai. Kata dia, berkas-berkasnya yang akan di bawa sesuai aturan sudah lengkap. ”Besok (hari ini, red), kita baru rapat dulu siapa saya yang akan ikut menyerahkan berkas-berkas sesuai permintaan KPU,” bebernya. (bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here