Belum Ada Tersangka Dugaan Korupsi Pelabuhan Moco

0
562
Para pekerja saat mengerjakan pembangunan Pelabuhan Tanjungmoco, Dompak, dua tahun lalu. f-dok/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kejaksaan Negeri Tanjungpinang belum menetapkan tersangka di kasud dugaan adanya korupsi pembangunan pelabuhan kontainer Tanjungmoco di kawasan Free Trade Zone (FTZ).

Sudah belasan saksi yang dipanggil dan diperiksa penyidik Kejaksaan. Kejaksaan masih mengumpulan data terkait dugaan korupsi pembangunan dermaga tersebut.

Benny Siswanto, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejari Tanjungpinang mengatakan, sampai saat ini sudah belasan saksi yang diperiksa penyidik. Di antaranya Haryadi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Dermaga Tanjungmoco selain itu belasan saksi sudah dipanggil untuk dimintai keterangan.

”Masih penyelidikan. Kita masih mengumpulkan bahan dan keterangan saksi-saksi,” katanya Rabu (11/4).

Benny menyebutkan, ada beberapa saksi yang sudah dipanggil aca beberapa yang tidak hadir. Tetapi, penyidik masih akan terus melakukan pemanggilan untuk pengumpulan data dan keterangan saksi terkait perkara ini. “Kita panggil terus saksi ”Kita panggil terus saksi saksi yang belum datang guna melengkapi data penyelidikan,” sebutnya.

Saat dipertanyakan soal kerugian negara dari dugaan korupsi dermaga Tanjung mocco, Benny menjelaskan, untuk kerugian negara pihaknya akan meminta bantuan dari BPK RI untuk menghitung kerugian, saat ini dari pihak BPK. ”Untuk tafsir kerugian belum ada kita masih menunggu,” ujarnya.

Sambung dia, tim penyidik yang dibantu oleh ahli masih melihat dari fisiknya untuk dilakukan penghitungan. Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) pusat juga tengah melakukan audit terhadap proyek dermaga Tanjungmoco. ”Dari BPK pusat itu mereka menjalankan tupoksinya. Nantinya kita akan join bersama dalam kasus ini,” jelasnya.

Sebelumnya, Kejari Tanjungpinang lakukan penyelidikan (Lidik) dugaan korupsi pembangunan dermaga dermaga Tanjung Moco Dompak Tanjungpinang. Dalam kasus ini sejumlah pejabat termasuk Pembuat Komitmen (PPK) pembangunan dermaga Tanjung Moco, Haryadi menyambangi ruang penyidik Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Tanjungpinang. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here