Belum Ditemukan Penyakit Difteri di Pinang

0
352
IMUNISASI: Pelajar SD diimunisasi oleh tim medis dari Dinas Kesehatan Tanjungpinang. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Wabah penyakit Difteri melanda sejumlah daerah di Indonesia. Dinas Kesehatan Tanjungpinang belum menerima laporan adanya kasus Difteri di Ibu Kota Provinsi Kepri ini. Sejak Senin (11/12) dan Selasa (12/12) kemarin, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, terus melakukan sweeping ke sekolah-sekolah untuk melakukan imunisasi.

Hingga Sabtu (9/12) kemarin, di Tanjungpinang tercatat tidak kurang dari 513 murid kelas satu SD yang belum mendapatkan imunisasi (DT) dan 452 murid kelas dua SD yang belum mendapatkan imunisasi Tetanus Difteri (TD). Sedangkan murid kelas satu yang sudah mendapatkan imunisasi DT adalah sebanyak 4.013 anak dan murid kelas dua yang sudah mendapatkan imunisasi Td adalah sebanyak 3.792 anak.

”Alhamdulillah Tanjungpinang belum ditemukan penyakit difteri yang mematikan ini. Daerah lainnya di Indonesia sudah merupakan kejadian luar biasa,” bebernya, kemarin.

Kata dia, upaya untuk mencegah munculnya kasus difteri tentunya adalah memastikan cakupan imunisasi yang tinggi. Saat ini sedang dilakukan sweeping pada murid kelas satu dan kelas dua yang belum mendapatkan imunisasi DT untuk murid kelas satu dan Td untuk murid kelas dua.

Tentunya pihak sekolah, yayasan pengelola sekolah, komite sekolah, para guru, orang tua murid agar mendukung anak anaknya untuk mendapatkan imunisasi sesuai ketentuan. Penderita Difteri berdasarkan data yang ada sebagian besar yaitu 66 persen tidak terimunisasi sama sekali, 31 persen tidak terimunisasi lengkap dan 3 persen terimunisasi lengkap. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here