Belum Juga Tersambung Air Bersih

0
476
SALAH satu pegawai PDAM meninjau debit air di Waduk Sei Pulai, beberapa waktu lalu.f-dok/tanjungpinang pos

Kami belum mendapatkan sambungan baru dg alasan yg bermacam macam di pdam, mohon di bantu
+6285668230693

Tak Dilayani PDAM
MBS
. PDAM, kami sudah mengajukan pengaduan, ternyata sampai saat ini belum juga dikerjakan. Usaha warung kopi tidak bisa buka karena tidak ada air. Mohon pihak PDAM memperbaiki kinerjanya.
082288925333

TANGGAPAN:
Stok air baku di Waduk Sei Pulai makin surut. Saat ini, air surut 5-6 Cm per hari.

Karena kondisi air sudah sangat terbatas, maka distribusi air akan terjadwal.

PDAM Tirta Kepri sduah memulai penjadwalan, Rabu (20/3) besok dengan pola 3 hari hidup, 6 jam mati secara bergilir.

Apabila cuaca masih kemarau dan kondisi air baku makin sedikit di waduk, pola jadwal distribusi air bisa berubah 3 hari hidup 1 hari mati.

Kita berharap agar musim kemarau cepat berakhir. Jika musim kemarau ini terus menerus terjadi, maka stok air di waduk itu paling lama bertahan 2,5 bulan. Setelah itu waduk kering dan tidak bisa produksi.

Baca Juga :  ASN Kok Ngopi di Jam Kerja

Sudah banyak masyarakat yang mengeluh kekeringan air. Bahkan, sudah ada warga yang datang ke Kantor PDAM minta air.

Kita sudah distribusikan air sejak beberapa pekan lalu di beberapa titik karena airnya tak ada lagi. Kita antar pakai lori tangki. Kita punya tiga lori tanki.

Kini, sudah banyak sumur warga yang mulai kekeringan dan hanya bertahan beberapa hari lagi.

Saat ini Daerah Aliran Sungai (DAS) di Waduk Sei Pulai dan Waduk Gesek sangat kecil sumber airnya. Daerah serapan di sekeliling waduk sudah tak bagus lagi lantaran sudah jadi pemukiman.

Waduk Gesek sendiri tidak beroperasi lagi sejak beberapa pekan lalu. Sehingga, pelanggan yang selama ini dilayani dari Waduk Gesek dialihkan ke Waduk Sei Pulai.

Baca Juga :  Ibukota Krisis Air Bersih

Karena beban Waduk Sei Pulai makin besar, maka penyusutan airnya makin cepat. Sekarang antara 5 sampai enam centimeter sehari. Kalau sempat dua setengah bulan ini tak ada hujan, maka akan kering total.

Apabila ada masyarakat yang membutuhkan air, silakan buat permintaan tertulis melalui RT-RW setempat dan tentukan dimana titik penyalurannya.

Pihak PDAM akan melayani permintaan masyarakat yang terorganisir seperti itu. Tapi, jangan permohonan perorangan.

Bantuan air nanti tidak hanya diberikan kepada pelanggan PDAM saja. Namun, warga yang bukan pelanggan PDAM juga akan dibantu jika memang sudah krisis air.

Saat ini, masih ada sekitar 6.000 pelanggan yang sudah mendaftar menjadi calon. Namun, mereka masih masuk daftar tunggu (waiting list) lantaran sumber air tidak mencukupi.

Baca Juga :  SDA Kepri Berlimpah

Sumber air baku yang dikelola PDAM Tirta Kepri yakni Waduk Sei Pulai dan Waduk Gesek. Kapasitas maksimal Waduk Gesek 80 liter per detik saat air baku penuh. Sedangkan kapasitas produksi Waduk Sei Pulai 140 liter per detik.

Instalasi Pengolahan Air (IPA) Waduk Gesek dibangun dengan kapasitas 100 liter per detik. Namun, belum pernah dioperasikan sebesar itu karena pipa-pipa saluran airnya bisa pecah akibat tekanan yang terlalu kuat.

Kajian BWS, daya produksi air bersih di Waduk Sei Pulai 140 liter/detik. Namun, PDAM memproduksi 180 liter per detik agar bisa memenuhi permintaan pelanggan yang saat ini mencapai 17 ribu. (mas/ais)

Wahyu
Kabid Teknik PDAM Tirta Kepri

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here