Belum Lebaran, Harga Ayam Sudah Naik

0
575
BERDAGANG: Pedagang sedang memotong ayam potong di Pasar Bestari Bintancentre (Bincen). F-Andri Dwi S/Tanjungpinang Pos

TANJUNGPINANG – Belum lagi lebaran, harga ayam potong sudah mengalami kenaikan Rp 5 ribu rupiah per kilo. Dari sebelumnya Rp 33 ribu kini menjadi Rp 38 ribu per kilonya.
Pantauan Tanjungpinang Pos, Jumat (2/6) di Pasar Bestari Bintancentre (Bincen), kenaikkan harga ayam potong bertahap. Sama dengan daging sapi yang naiknya Rp 5 ribu namun sekaligus.

Hal ini disampaikan Untung, salah satu pedagang ayam potong yang berjualan di Pasar Bestari Bincen Tanjungpinang, bahwa harga ayam potong yang dijualnya naik secara bertahap.

Sebulan yang lalu, ayam potong yang dijualnya masih sekitar Rp 33 ribu per kilo. Seminggu kemudian naik sekitar seribu rupiah menjadi Rp 34 ribu. Begitu minggu berikutnya naik seribu rupiah hingga menjadi Rp 35 ribu per kilo.

”Sekarang harga ayam potong sudah mengalami kenaikan menjadi Rp 38 ribu per kilo. Jadi memang bertahap dari Rp 33 ribu tersebut,” terangnya.

Penyebab kenaikan ayam potong, karena ayam hidup yang berada di kandang masih berukuran kecil. Ini membuat pasokan ayam potong ke pasar mulai berkurang. Dengan demikian, hukum pasar berlaku, yaitu jika permintaan lebih banyak dari persediaan maka harga naik. Ini berdampak pada harga ayam potong tersebut.

”Terkadang saja, kita jual ayam potongnya kecil-kecil. Ya, kurang lebih 7-8 ons per ekornya. Coba kalau besar, bisa lebih dari 1 kg,” ucap dia. Ia bersyukur, hingga saat ini pasokan ayam potong dari kandang ke pasar masih terbilang aman. ”Mudah-mudahan pasokan ayam potong aman sampai lebaran nanti,” harap dia.

Kalau soal harga, lanjut dia, ia tidak bisa memastikan, apakah ayam potong yang dijualnya akan naik lagi atau tidak menjelang Idul Fitri. Sebab itu tergantung dari pemasok, tetapi biasanya naik namun tidak banyak. ”Kita lihat saja nanti. Tapi, kalau bisa jangan naik lagi. Kasihan dengan yang beli. Sebab tak semua memiliki kemampuan yang sama,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here