Belum Semua Sekolah Gelar UNBK

0
83
PESERTA UNBK di SMP Negeri 2 Tebing (binaan) Karimun bersiap melaksanakan ujian UNBK, Senin (23/4). F-ISTIMEWA

Senin (23/4) kemarin, beberapa SMP di Karimun melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil.

KARIMUN – ”Memang belum semua sekolah mampu melaksanakan UNBK. Untuk sekolah negeri dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tebing, dan beberapa sekolah swasta. Selain itu, melaksanakan UN berbasis kertas dan pensil,” kata Bakri Hasyim, Kadis Pendidikan Karimun, Senin (23/4).

Salah satu faktornya, lanjut Bakri, bukan karena tidak tersedianya laptop atau komputer. Namun, hingga kini belum meratanya jaringan internet dan keterbatasan daya listrik untuk sekolah di pulau. Jika jaringan internet sudah merata dan daya listrik mencukupi, ke depan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun akan mengadakan komputer atau laptop di setiap SMP.

”Daerah lain juga masih demikian, belum semua sekolah mampu melaksanakan UNBK. Faktornya, selain keterbatasan anggaran, juga karena faktor di atas. Pemkab Karimun terus meningkatkan sarana dan prasarana sekolah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat,” terang Bakri.

Tahun ini, dijelaskan Baskri, DAK digunakan untuk rehab sekolah, penambahan ruang belajar, perpustakaan dan sarana pendukung lainnya yang dibenahi secara bertahap. Sehingga diprioritaskan untuk sekolah yang berada termasuk kategori terluar atau terdepan demikian dengan penempatan tenaga pengajar.

Ia mengingatkan, peserta UN untuk fokus belajar. Sehingga, mendapat nilai yang baik dan tidak hanya sekedar lulus. Dengan nilai yang tinggi, akan menambah semangat belajar saat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Bakri menambahkan, lulusan SMP sederajat tahun ini tidak harus memilih sekolah unggulan. ”Karena semua sama, sesuai dengan zonasi yang telah ditetapkan. Khusus kecamatan yang belum ada SMA dapat mendaftar ke SMA terdekat atau SMK,” imbau Bakri. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here