Belum Wisuda, Sudah Kerja

0
170
PROSESI wisuda Kampus SBTI Bintan, yang berlangsung Kamis (11/4) di Ballroom Bintan Lagoon Resort, Lagoi. F-adly bara hanani/tanjungpinang pos

133 Mahasiswa SBTI Bintan Diwisuda

Lantaran sudah siap kerja, mahasiswa Kampus Sahid Bintan Tourism Institute (SBTI) banyak yang diterima kerja sebelum diwisuda baik di dalam maupun di luar negeri.

BINTAN – SEPERTI mahasiswa/mahasiswi SBTI yang diwisuda, Kamis (11/4) kemarin, untuk batch 18 yang diwisuda, sebanyak 54 alumni atau 65 persen yang telah bekerja. Sedangkan untuk batch 19 terdapat 19 persen alumni yang sudah bekerja.

Sebanyak 133 orang yang diwisuda batch 18 dan 19 di Ballroom Hotel Bintan Lagoon Resort (BLR) Lagoi, Kamis (11/4).

Dari jumlah tersebut, masing-masing dari 5 jurusan yakni Front Office, HouseKeeping, Food and Beverage Sevice, Food Product serta Patry.

Direktur Kampus SBTI Lagoi, Endang Winduri, S.Sos, MM menjelaskan, pihaknya (SBTI) juga telah menyelenggarakan Uji Kompetensi Bidang Perhotelan sejak 2010 lalu hingga tahun 2019 ini.

Sejak menyelenggarakan Uji Kompetensi Bidang Perhotelan sejak 2010, yang telah bersertifikasi berjumlah 1.644 karyawan dan mahasiswa.

Ia menambahkan, total alumni yang hingga kini diwisuda yakni 803 orang. Jumlah itu, lanjutnya, telah bekerja di berbagai kawasan pariwisata yakni sekitar 80 persen.

Endang juga menambahkan, jumlah yang telah bekerja di kawasan Lagoi yakni 281 orang dari 803 orang tersebut.

”Total mahasiswa-mahasiswi hingga hari ini yang menempuh pendidikan di SBTI berjumlah 1.083. Sementara, mahasiswa yang aktif saat ini 203 orang,” jelas Endang.

Selain itu, ia juga memaparkan dari jumlah 203 orang tersebut, sebanyak 123 sedang dalam tahap On Job Training (OJT) di Batam maupun Malaysia.

Sementara jumlah mahasiswa-mahasiswi asal Bintan yakni tercatat 64 persen, dan dari Anambas 13 persen, Lingga 9 persen, Tanjungpinang 6 persen, Batam 2 persen, Jawa Tengah 2 persen, Pekanbaru 2 persen, Karimun 1 persen serta Jakarta 1 persen.

Wisuda kali ini, mengangkat tema ‘SBTI Siap Menghasilkan Para Milenial sebagai SDM yang Berperan Penting Delam Menyongsong Pariwisata 4.0’.

Endang menyebutkan, bahwa pengembangan industri pariwisata tentunya perlu diimbangi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik dan mumpuni.

Sehingga, SBTI berkomitmen berperan aktif untuk menjawab tantangan dengan mencetak SDM yang berkualitas di SBTI.

Kini, Yayasan Bintan Resort Cakrawala yang telah mendirikan Politeknik Bintan Cakrawala (PBC) yang merupakan Perguruan Tinggi pertama kali di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Kampus PBC yang telah didirikan, telah mendapatkan izin operasional sejak 12 Februari 2019. Kini, Kampus PBC juga telah membuka pendaftaran dan akan aktif dalam perkuliahan pada September mendatang.

Ada pun program perkuliahan yang ditawarkan yakni D-4 bidang Pengelolaan Perhotelan. Selain itu, lanjut Endang, D-3 Perjalanan Wisata dan D-3 Seni Kuliner.

Dengan berdirinya Kampus PBC, merupakan upaya nyata Yayasan Bintan Resort Cakrawala dalam memajukan pariwisata di Bintan untuk pengembangan SDM-nya.

Sebelumnya, sejak berdirinya SBTI menjadikan SDM daerah khususnya Kepri maju.

Untuk orasi ilmiah, langsung disampaikan DR Yohanes Sulistyadi M. Pd yang juga mewakili Yayasan Sahid Jakarta turut mendorong semangat wisudawan-wisudawati SBTI kali ini.

Pada acara wisuda tersebut, hadir Bupati Bintan H Apri Sujadi S. Sos diwakili Asisten III DRH Kartini, General Manager PT BRC Prakash Nair, Ketua Yayasan BRC Ir Aditya Laksamana, Direktur Personalia The Sanchaya Tyas Rosani, Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra yang didampingi Kepala Dinas PMPTSP-Transnaker AnambasYunizar SE MP serta CSR Manager Medco E&P Natuna Ltd yakni Ineke Sundari.

Terakhir, Endang Winduri berharap, lulusan SBTI harus kerja nyata dengan bekerja serta berkarya sebagai wujud aplikasi pemuda milenial yang aktif dan mandiri serta mampu bersaing.

”Selamat bagi yang diwisuda. Semoga membawa kenangan manis tentang Wonderful Kepri. Tak lupa saya ucapkan terima kasih juga kepada Pemerintah Kabupaten Bintan, PT BRC, The Sanchaya, Kabupaten Anambas, Medco E&P, Yayasan BRC dan Sahid Jaya,” katanya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada para orangtua wisudawan-wisudawati yang telah mempercayakan SBTI untuk menunjang pendidikan putra putrinya.

”Terimakasih juga kepada industri atau hotel yang telah menerima alumni SBTI sebagai tenaga profesional. Tak lupa juga panitia wisuda SBTI, yakni dosen, instruktur, karyawan dan mahasiswa karena telah menyelenggarakan acara wisuda sebaik mungkin,” tutup Endang. (ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here