BEM STIT Lingga Sambangi Sekolah & Desa-desa

0
747
mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Lingga saat mendatangi sekolah-sekolah dan memberi motivasi belajar.F-istimewa

LINGGA – Puluhan mahasiswa yang tergabung di kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Lingga mendatangi sekolah-sekolah dan desa-desa yang ada di Kabupaten Lingga. Program ini sudah mereka lakukan sejak pekan lalu dengan tujuan untuk mengetahui permasalahan sosial di masyarakat serta membantu perangkat desa mencari solusinya.

Menurut Ketua BEM STIT Lingga, Desgi Prayoga, sebagai mahasiswa sudah menjadi kewajiban mereka untuk membantu mencari solusi dari masalah-masalah yang dialami warga di pelosok-pelosok.

”Ini sebagai upaya kita membantu program pemerintah dengan melakukan yang terbaik untuk masyarakat selagi kami mampu melakukannya,” ucap Desgi Prayoga. Menurut Yoga, dalam pertemuan di desa-desa yang umumnya difasilitasi oleh perangkat desa, ia bersama rekan-rekannya berupaya untuk memotivasi masyarakat untuk lebih kreatif memanfaatkan waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat.

Umumnya, warga pedesaan di Lingga bermata pencarian sebagai nelayan dan ada sebagian yang bertani. Saat ombak kuat, kondisi itu tidak memungkinkan bagi nelayan untuk melaut.

Baca Juga :  Mahasiswa KKN Stisipol Sosialisasi Ketahanan Pangan di MTs At-Taufik

”Kita arahkan mereka untuk memanfaatkan waktu mereka dengan membuat kerajinan tangan yang punya nilai komersil. Atau dengan mengajak bergotong-royong di lingkungan mereka agar perkampungan mereka menjadi indah sehat dan menarik untuk dikunjungi wisatawan,” jelasnya.

Selain berusaha untuk memotivasi warga, rombongan mahasiswa ini juga berharap agar para nelayan memberikan kesempatan kepada anak-anaknya untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, agar anak-anak nelayan bisa lebih kreatif dan punya pengetahuan yang baik yang tentunya akan meningkatkan martabat serta ekonomi keluarganya.

Kata Desgi Prayoga, kunjungan ke desa-desa dan sekolah-sekolah tingkat menengah atas ini sudah menjadi agenda rutin BEM STIT Lingga di luar program KKN dan PKL yang sudah menjadi bagian dari mata kuliah di kampus mereka. ”Dengan rutin mengetahui dan mencari permasalahan dan dinamika di tengah masyarakat, tentu mahasiswa akan diuji untuk bisa mengatasi masalah mahasiswa itu sendiri. Kalau kita mencari solusi masalah yang dialami orang lain, tentu kita akan bisa mengatasi masalah itu saat kita menghadapi amsalah yang sama,” sebutnya.

Baca Juga :  Peringati Hardiknas dengan Bakti Sosial

Selain melakukan kunjungan ke desa-desa di antaranya Desa Jagoh, Singkep Pesisir, desa Penuba, Kecamatan Selayar dan desa lainnya, rombongan mahasiswa yang juga didampingi dosennya ini juga mengunjungi sekolah-sekolah SMA dan SMK. ”Untuk sekolah yang kita kunjungi diantaranya, SMAN 1 dan SMAN 2 serta SMKN 1 dan SMKN 2 dan MAN,” ucapnya.

Dalam pertemuan dengan para siswa SMA, SMK dan MAN, pengurus BEM STIT ini menyarankan agar seluruh tamatan sekolah menengah atas agar melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi.

”Lanjutkanlah sekolah kalian. Rintangan jangan dijadikan alasan untuk tidak kuliah. Terserah mau pilih kampus yang mana. Bahkan, di kampung kita sendiri sudah ada kampus yang memadai dan terakreditasi. Raihkah, gelar sarjana untuk diri sendiri, keluarga dan daerah ini,” saran Yoga di depan siswa SMAN1 Lingga.

Baca Juga :  Besok, Mahasiswa STAI-MU Latihan Kepemimpinan

Salah satu dosen pendamping, Irma Rosida. MP.d menyebutkan, tujuan utama mahasiswa menyambangi warga ini agar mahasiswa terlatih dan bisa mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat di kampus.

”Ilmu itu kalau langsung diaplikasikan, tentu akan lebih cepat dicerna oleh mahasiswa hingga mereka bisa langsung mendapatkan manfaatnya,” sebut Irma Rosida.

Dalam kunjungan ke desa-desa dan ke sekolah-sekolah itu, rombongan mahasiswa didampingi oleh dosen pembimbingnya, masing-masing Irma Rosida, Nurlaila Susanti. M.Pd.I , Fatullah. M.Pd.I. , Nurhayati M.P.d.I dan Isparida Desty M.Pd. (jek)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here