Benahi Laporan Keuangan untuk Raih WTP

0
636
TERIMA CENDERAMATA: Wakil Bupati Lingga M Nizar memberikan cendramata kepada Ketua BPKP Kepri Panijo usai diskusi bersama meningkatkan kualitas laporan keuangan. F-ISTIMEWA

LINGGA – Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Riau Panijo AK MM sarankan, agar meningkatkan kualitas laporan keuangan untuk meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Ia berpesan, beberapa hal yang harus dilakukan segera dibenahi seperti persoalan aset dan pengelolaan keuangan desa.

”Untuk meningkatkan kwalitas laporan keuangan, ada beberapa yang perlu saya sampaikan. Diantaranya adalah peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) perlu diperhatikan,” kata Panijo, saat melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Lingga, kemarin.

Baca Juga :  Prajurit TNI Harus Mengayomi Masyarakat

Sebagai badan pengawas, ia mengatakan, BPKP sangat mendukung keinginan Lingga yang menginginkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih bebas dari praktik KKN. Fungsi BPKP sebagai (quality assurance), guna memastikan secara memadai bahwa program kegiatan dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku guna mencapai tujuan organisasi.

Ia melanjutkan, untuk mencapai predikat WTP atas laporan keuangan maka perlu koordinasi antar OPD dengan pengelolaan aset tetap perlu ditingkatkan. Sebab, nilai aset tetap merupakan dominasi dari seluruh laporan keuangan.

Baca Juga :  Tambang Timah Cemari Sumber Air Bersih PDAM

Panijo menegaskan, persoalan laporan keuangan bukan semata tanggung jawab dari BPKAD saja tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh OPD di lingkungan Pemkab Lingga. ”Jika aset ini belum beres, mustahil bisa mendapat opini WTP. Dan aset ini tersebar diseluruh OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lingga ini,” imbuhnya. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here