Benahi Saran Pelabuhan Bongkar Muat

0
712
Pelabuhan Pelindo di Batu 6, salah satu pelabuhan kargo di Tanjungpinang saat ini. f-adly hanani/tanjungpinang pos

Mbs Pemprov Kepri bangun Enam Pelabuhan salah satunya adalah pelabuhan pelantar 1 dan 2 memang ini penting karena pelabuhan ini tdk layak dikatakan pelabuhan bongkar muat. Sangat konvensional tetapi ada yang lebih penting lagi yaitu Pelabuhan Tanjung Mocco bila ini diteruskan maka pelabuhan ini representatif bagi ibu kota kepri dapat mendatangkan muatan yg berjumlah besar seperti container dan sekaligus ekspor. Mohonlah Pak Gubernur fokus ke pelabuhan, Apa salah dengan Pelabuhan Tg Mocco ini Pak.
+6281314992494

Tak Bisa Dikeluarkan
MBS. Pulau Batam yg begelar Pl Gudang itu sejak dikembangkan Bpk Habibie setahap demi setahap telah maju terutama dlm Biro Jasa Bongkar Muat Pelabuhan Laut dan Udara Hang Nadin. Dlm segi income pemasukan pajak import eksport (ekonomi) barang2 dan jasa bongkar muat, kita boleh belajar ke negara Singapura yg kuat ekonominya. Dia buat jelas aturan/peraturan bea masuk impor/ekspor yg diterapkan kpd konsumen yg dtg ke ngr Singa itu. Supaya tumbh maju, kasih murah dan mudahkan segala pungutan dan aturan ekspor impor supaya ekonomi bisa tumbuy melesat. Insya Allah makin ramailah Btm.
+6281364252006

Ayo Percantik Ibukota
Saya salut pada gubernur bila bisa memajukan kepri. Masih banyak yg harus pak Gubernur benahi di di Tanjungpinang ini terutama Pelabuhan bongkar muat yg representatif. Ini sangat penting guna meningktkan ekonomi kemudian.
081314992494

TANGGAPAN:
Pelabuhan menjadi infrastruktur penting di Kepri sebagai daerah kepulauan. Karena itu, salah satu program strategis Pemprov Kepri adalah membangun pelabuhan.

Baca Juga :  Tertibkan penjualan gas Subsidi

Tahun 2018 ini, setidaknya 7 pelabuhan yang dibangun Pemprov Kepri. Sebagian di antaranya dibangun bertahap dan sudah dimulai tahun 2017 lalu dilanjutkan tahun ini.

Di Tanjungpinang, Pemprov Kepri membangun Pelabuhan Pelantar II. Kemudian melanjutkan rehab Pelabuhan Penyengat. Untuk pembangunan Pelabuhan Pelantar II, sudah dimulai tahun 2017 lalu dengan biaya skeitar Rp 4 miliar dilanjutkan tahun 2018 ini dengan biaya sekitar Rp 29 miliar.

Saya telah meluncurkan proyek strategis Pemprov Kepri di Pelantar II Tanjungpinang, Jumat lalu. Saya meminta semua pengelola pelabuhan bongkar muat barang di kabupaten/kota di Kepri harus memangkas waktu antre bongkar muat barang di pelabuhan (dwelling time). Selama ini tidak dipungkiri, proses ini masih terus terjadi di Kepri dan belum dicari solusinya.

Baca Juga :  Jembatan Dompak Tempat Nongkrong

Untuk itu, ke depannya dengan sudah dimulai pembangunan pelabuhan kapasitas besar ini, tidak ada lagi dwelling time sampai berminggu-minggu, apalagi sampai berbulan-bulan.

Pemprov akan menyiapkan satu alat bongkar berbasis mesin crane pelabuhan untuk mendukung percepatan bongkar muat barang yang diangkut dari dalam kapal.

Kalau sudah ada crane, saya optimis pasti terbantu, yang paling penting lebih cepat. Pelan-pelan sarana pendukung ini kita siapkan. Semua terobosan ini, tentu memerlukan kerja sama dan dukungan semua pihak. Kalau misalnya dwelling time bisa lebih cepat, maka akan mengurangi tingginya angka inflasi.

Apabila waktu bongkar barang terlalu lama di pelabuhan, maka barang akan lambat sampai ke pasar. Hal itu membuat stok barang sempat kosong dan harga naik. Semakin lama barang di laut, maka harganya akan semakin mahal karena semua diperhitungkan, mulai tenaga kerja hingga masa sewa kapal.

Baca Juga :  Ayo Realisasikan Industri di Ibukota

Apa yang dicita-citakan dalam pembangunan Kepri saat ini, sama halnya dengan tekat Presiden RI Joko Widodo membangunan infrastruktur di seluruh Indonesia termasuk Kepri.

Presiden menyarankan agar seluruh kepala daerah terus berupaya mengejar ketertinggalan dan menjadi pemenang dalam persaingan. Persaingan antarnegara sekarang ini semakin hari semakin sengit. Semuanya membangun, melakukan inovasi, membangun fasilitas untuk mendukung daya saing masing-masing negara.

Presiden juga meminta agar dwelling time di pelabuhan bongkar muat tidak sampai berminggu-minggu apalagi sampai berbulan-bulan. Apa yang diinginkan Presiden, pembangunan pelabuhan modern dan fasilitas infrastruktur lainnya tidak bisa ditunda-tunda lagi saat ini. Kita minta sokongan masyarakat, karena membangun itu tidak mudah, bukan seperti orang main sulap.(ais/mas)

Nurdin Basirun
Gubernur Kepri

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here