Benang Habis, Akhirnya Pasien ke Tanjungpinang

0
708
BANGUNAN RSUD Encek Maryam tampak dari depan.F-TENGKU/tanjungpinang pos

Anggota DPRD Lingga Sui Hiok pertanyakan keberadaan obat, dan stok bahan kebutuhan pelayanan kesehatan di Rumah Umum Daerah (RSUD) Encek Maryam, Daik yang menyebabkan seorang ibu tidak bisa melahirkan anak di Lingga.

LINGGA – Hal berdasarkan, adanya keluhan beberapa masyarakat terkait yang tidak mendapatkan pelayanan yang maksimal di rumah sakit tersebut. Sebab, tidak adanya ketersediaan beberapa jenis obat dan bahan kebutuhan lain.

Menurutnya, Dinas Kesehatan sebagai instansi yang bertanggungjawab atas hal ini dinilai gagal mengelola anggaran untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan masyarakat di rumah sakit ini.

Baca Juga :  Dispar Lingga Targetkan 13 Ribu Pelancong

”Saya sangat kecewa dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga. Masa untuk benang operasi saja tidak dapat disediakan,” kata Sui Hiok, kemarin.

Ia melanjutkannya, bahwa informasi kosongnya benang operasi ini terungkap setelah seorang pasien dari Kecamatan Senayang yang ingin melahirkan dengan operasi RSUD Encek Maryam setelah tidak bisa melahirkan secara normal.

Namun, setelah sampai di RSUD Encek Maryam operasi tidak dapat dilakukan karena stok benang operasi habis.

”Saat itu kondisi sudah darurat. Akhirnya tengah malam itu juga pasien harus dibawa ke Kota Tanjungpinang untuk dilajukan operasi,” ucapnya.

Baca Juga :  Siswa Bawa Meja Sendiri, DPRD Meradang

Atas kondisi ini, Sui Hiok, pertanyakan ketersedian obat dan bahan kebuuhan rumah sakit yang dianggarkan rahun 2017 lalu dengan nilai Rp2,1 miliar. ”Sesuai LKPJ Bupati Lingga realisasi perbelanjaan obat sebesar Rp1,9 miliar. Masa sudah hasis,” tanyanya.

Sui Hiok juga mendapatkan informasi lainnya, masyarakat saat ini masih membeli obat di apotek ketika berobat di RSUD Encik Maryam. ”Anggaran telah disiapkan, dan tidak ada alasan obat kosong. Bupati harus evaluasi,” katanya. (TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here