Bencana Melanda, Stok Raskin Aman di Natuna

0
273
PEKERJA menimbang beras Bulog di gudang untuk dijual ke masyarakat. F-dok/tanjungpinang pos

Natuna – Meski bencana melanda Kepri khususnya Natuna, namun stok beras Bulog masih aman. Kepala Gudang Bulog Ranai, Said Nova memastikan, ketahanan pangan jenis beras di Natuna diprediksikan aman dan terkendali untuk 10 bulan ke depan. Dengan begitu, dari sisi Beras Miskin (Raskin) Natuna sangat aman.

Ia menjelaskan, saat ini stok beras yang tersedia di Gudang Bulog Ranai sebanyak 96 ton. Untuk diatribusi per bulan sebanyak 9 ton sehingga untuk beras tersebut dinyatakan aman.

”Demikian halnya dengan gula pasir. Kita ada stok di gudang sebanyak 64 ton. Angka ini cukup aman,” kata Said di tempat kerjanya, Selasa (16/1) melalui telepon.

Said mengaku pihaknya telah berencana menggelar operasi pasar kembali guna memenuhi keperluan beras masyarakat dan untuk mengantisipasi terjadinya disparitas harga pada saat musim utara ini. Hanya saja ia belum bisa memastikan jadwal pelasanaannya dan lokasi serta teknis-teknis lainnya karena masih menunggu kepastian dari pemerintah.

”Kita sudah dapat perintah dari Kementerian Perdagangan untuk menggelar OP (Operasi pasar pada akhir Januari ini. Tapi kita masih nunggu mekanismenya dari Pemerintah Kabupaten Natuna. Mudah-mudahan pelaksanaanya lancar nanti,” tutupnya.

Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Ekonomi Mikro (Disprindagkop dan EM) Kabupaten Natuna, Hikmatul Arif mengakui hal yang sama perihal ketersediaan beras. Hanya saja pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap stok, harga dan distribusinya.

”Ya betul, kami juga tetap memantau dinamika di lapangan, sekarang tim kami sedang melakukan pemantauan pasar,” kata Matul.

Perihal OP, ia juga mengaku belum bisa memastikan kapan akan dilaksanakan karena masih perlu pendataan. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here