Beragam Festival Harus Makin Meriah

0
607
MENARI : Kelompok tari saat tampil di salah satu acara di Kepri, baru-baru ini. F-dok/tanjungpinang pos

libatkan seniman lokal di pptma lingga tahun 2017

Beragam kegiatan akan digelar yang merupakan rangkaian Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarangsa (PPMTA). Para seniman lokal pun dilibatkan agar acara makin meriah.

LINGGA – PERAN para seniman sangat diperlukan agar acara makin spektakuler. Masukan-masukan dari mereka dibutuhkan terlebih banyak kegiatan yang melibatkan masyarakat dan berbagai instansi.

”Ini untuk membuat PPTMA lebih meriah. Sehingga, kita akan melibatkan seniman lokal dalam berbagai kegiatan yang dilakukan,” ujar Muhammad Ishak, kepala Dinas Kebudayaan Pemkab Lingga kepada Tanjungpinang Pos, Senin (6/11) kemarin.

Ada beberapa kegiatan yang akan digelar nanti seperti lomba pembacaan puisi, pagelaran tari, dialog kebudayaan dan berbagai kegiatan lain yang dilakukan akan melibatkan seniman lokal yang ada di Kabupaten Lingga. Ketua Umum Panitia Pelaksanaan PPTMA Lingga tahun 2017 ini menambahkan, beberapa acara dilaksanakan di beberapa tempat, seperti acara pembukaan, penyambutan tamu dilaksanakan di pangung utama.

Baca Juga :  Polres Kumpulkan Penjaga Makam dan Penggali Kubur Se-Tanjungpinang

”Acara perbincangan Melayu dan pembacaan puisi di Gedung Daerah. Sedangkan acara malam kesenian dilaksanakan di panggung utama setiap malamnya. Untuk lomba festival seni tari dan musik Melayu dibuat oleh LAM Kepri,” kata Ishak.

Dikatakannya, semua kegiatan dilaksanakan sejalan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lingga ke-14. Namun tidak seluruh kegiatan dilakukan di panggung utama yang dibuat di halaman Kantor Bupati Lingga. Beberapa kegiatan dilakukan di tempat yang berbeda.

”Beberapa kegiatan lainnya seperti permainan rakyat, pameran dan stan bazar di lokasi berbeda yakni di Museum Linggam Cahaya dan Gedung LAM Lingga,” sebutnya.

Baca Juga :  Reformasi Birokrasi Butuh Peran Sekda

Sedangkan untuk stan bazar, Bupati Lingga Alias Wello sudah menyurati kabupaten/kota se-Kepri untuk dapat ikut andil mendukung kegiatan di Bunda Tanah Melayu tersebut. Sejauh ini baru ada beberapa kabupaten/kota yang mengungkapkan kesediaannya ikut menambah semaraknya perhelatan Tamadun Melayu itu.

”Kita berharap jangan sampai sebuah kegiatan itu berhenti sekali saja. Kami berharap ke depannya menjadi agenda rutin Pemprov Kepri yang berlangsung bergantian di kabupaten/kota lain di Kepri,” harapnya.

PPMTA dilakukan bukan hanya untuk melestarikan budaya yang ada, juga dapat berdampak terhadap ekonomi masyarakat Kepri khususnya Kabupaten Lingga. ”Kegiatan ini juga bisa menjadi sarana promosi potensi daerah. Karena banyak pengunjung yang akan datang di perhelatan akbar ini nanti,” imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati Lingga Alias Wello sudah meminta dukungan semua kabupaten/kota di Kepri termasuk Pemprov Kepri untuk sama-sama mensukseskan PPTMA tersebut. Gubernur Kepri H Nurdin Basirun juga minta bantuan kabupaten/kota untuk meramaikan dan mensukseskan PPTMA Lingga. Bahkan, sejumlah OPD Pemprov Kepri juga diminta ikut membantu acara ini.

Baca Juga :  Uji Nasionalisme Siswa di Tengah Laut

PPTMA digelar sempena Hari Jadi Kabupaten Lingga ke-14. Acara digelar, 17-26 November. Berbagai kegiatan akan memeriahkan acara ini seperti Festival Gunung Daik, lomba tari dan musik Melayu, pameran dan lainnya. Pada kesempatan ini, Pemkab Lingga akan mempromosikan destinasi wisata yang ada di daerah itu seperti Bukit Permata, kawasan Air Panas dan berbagai lokasi wisata lainnya yang ada.(TENGKU)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here